iPhone (9to5mac)
iPhone (9to5mac)

Lagi-lagi Virus Corono membawa dampak buruk dalam segala aspek. Salah satunya adalah dalam bidang teknologi. Dan Apple merupakan salah satu perusahaan terdampak selain Samsung.

Baru-baru ini muncul rumor jika Apple bakal meluncurkan iPhone 9 atau iPhone SE 2 pada 31 Maret 2020. Ponsel tersebut bakal dijual pada 3 April 2020 dengan harga dikisaran US$399 per unit atau setara Rp 5,5 juta. Namun peluncuran pada jadwal tersebut bakal mundur, lagi-lagi karena virus Corona atau Covid 19.

Dilansir dari laman Cnet (24/2/2020), merujuk pada laporan Nikkei jika Apple dimungkinkan akan mundur dari jadwal peluncuran lantaran jadwal produksi yang mundur.

Meskipun pihak Apple sendiri belum mengonfirmasi perihal penundaan produknya, tetapi virus Corona berdampak pada perusahaanya. Sebelumnya pihak Apple juga mengumumkan kepada para investornya jika pada kuartal Maret, pendapatan mereka tak sesuai prediksi akibat virus Corona.

Foxconn manufaktur terbesar iPhone juga sempat menutup pabriknya akibat virus Corona. Meskipun saat ini telah dibuka kembali, namun dalam proses produksi masih berjalan lambat.

Sebelumnya, Virus itu juga berimbas pada salah satu perusahaan smartphone raksasa, yakni Samsung hingga menutup salah satu pabriknya di Gumi, Korea Selatan. Gumi sendiri tak jauh dari Daegu, lokasi terdampak corona virus yang cukup parah di Korea Selatan.

Penutupan pabrik Samsung dilakukan sejak 22 Februari 2020 hingga 24 Februari 2020. Penutupan tersebut lantaran salah satu karyawannya terkonfirmasi terinfeksi virus Covid 19 tersebut.  Hal ini juga membuat Samsung terhambat dalam memproduksi flangship kelas premium seperti  Samsung Galaxy Fold dan Galaxy Z Flip.