Bupati Abdullah Azwar Anas berinteraksi dengan masyarakat saat sidak di Puskesmas Mojopanggung
Bupati Abdullah Azwar Anas berinteraksi dengan masyarakat saat sidak di Puskesmas Mojopanggung

Mengawali kerja pasca libur Lebaran, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah kantor layanan publik dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Senin (10/6/19). Anas ingin memastikan kehadiran karyawannya, sekaligus memotivasi kinerja karyawan pasca Idul Fitri.

Sidak pertama dilakukan di Kantor Dinas Pemukiman dan Perumahan (DPKP) Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Kebetulan dua kantor ini lokasinya berdekatan. Anas langsung mengecek kehadiran karyawan dan melihat kondisi seluruh kantor. Sidak lalu dilanjutkan di Dinas Perikanan dan Pangan, Dinas Kominfo, Kantor Inspektorat, Dinas Kesehatan, dan Badan Kepegawaian dan Diklat. 

“Untuk memastikan tidak ada PNS yang absen di hari pertama kerja dengan sidak ke sejumlah SKPD,” kata Bupati Anas.

Menurut Anas, secara umum pelayanan di seluruh SKPD telah berjalan dengan baik di hari pertama ini. Hal itu terpantau dari sistem informasi yang terpusat di Dinas Kominfo. Menurutnya, secara umum kantor-kantor sudah siap bekerja kembali. “Saya tadi mengecek di Kominfo, yang menunjukkan sistem di seluruh SKPD berjalan, yang artinya pelayanan publik berjalan normal semua,” ujarnya.   

Anas juga meninjau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Puskesmas Mojopanggung untuk memastikan pelayanan masyarakat berjalan dengan baik. Di sana, Anas langsung berinteraksi langsung dengan warga seputar pelayanan yang dilakukan pemda pasca Lebaran.

Khusus kepada petugas Dispendukcapil, Anas meminta agar mereka membuka pelayanan ekstra bagi warga. Sebab, biasanya mudik Lebaran ini digunakan warga rantau untuk sekalian mengurus dokumen kependudukan yang dibutuhkan.  

“Tolong khusus selama pekan ini kinerja ditingkatkan, karena biasanya banyak warga rantau yang mengurus KTP. Saya mohon semua siap kerja ekstra hingga lembur untuk mengatasi membludaknya pemohon pelayanan,” pesan Anas kepada karyawan Dispendukcapil.  

Momen sidak tersebut juga dimanfaatkan Bupati Anas untuk memotivasi karyawan agar menciptakan susasana kantor yang nyaman untuk bekerja. Karena, kata dia, kalau suasana kantor nyaman akan memberi energi positif. Secara umum, suasana kantor-kantor sudah bagus, mulai dari tata ruang, kebersihan, penghijauan, pemanfaataan tata ruang juga bagus.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi, Nafiul Huda, menambahkan, dihari pertama kerja ini terdapat sembilan ASN yang absen dengan berbagai alasan kepentingan. Ada yang alasan sakit, ada juga keperluan keluarga, namun tidak ada yang tanpa keterangan. 

“Namun mereka tetap akan kami laporkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara mengacu dengan peraturan yang telah ditetapkan. Sembari mereka juga diberi peringatan dari pimpinan masing-masing,” kata Huda.