Putusan MK Keluar, KPU Banyuwangi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih

KPU Banyuwangi melakukan rapat Pleno Terbuka penetapan perolehan kursi partai Politik dan caleg terpilih
KPU Banyuwangi melakukan rapat Pleno Terbuka penetapan perolehan kursi partai Politik dan caleg terpilih

BANYUWANGITIMES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi menetapkan perolehan kursi partai Politik dan Calon terpilih anggota DPRD Banyuwangi hasil Pemilu 2019, Sabtu (10/8/19). Penetapan ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPU Banyuwangi yang digelar di sebuah hotel di Jl. Brawijaya Banyuwangi.

Rapat pleno ini digelar mulai pukul 15.30 WIB dan dihadiri seluruh komisioner KPU Banyuwangi, perwakilan dari Bawaslu Banyuwangi, perwakilan dari partai politik serta instansi terkait. KPU Banyuwangi menetapkan 50 orang caleg terpilih untuk duduk sebagai anggota DPRD Banyuwangi masa jabatan 2019-2024.

Komisioner KPU Banyuwangi Ari Mustofa menyatakan, setelah rapat pleno ini KPU Banyuwangi akan mengeluarkan surat keputusan berisi perolehan kursi partai politik pada tiap-tiap daerah pemilihan (dapil) serta siapa saja yang mengisi kursi itu. “Tadi kita lihat 50 kursi itu sudah tersebar di 5 dapil,” kata mantan anggota Panwaslu Kecamatan Genteng ini.

Ari Mustofa menyatakan, dari hasil penetapan tersebut, tiga tertinggi perolehan kursi pada pemilu 2019 lalu diraih oleh partai PDI Perjuangan pada rangking pertama dengan perolehan kursi sebanyak 12 kursi. Disusul pada tempat kedua PKB dengan 9 kursi dan di urutan ketiga ada Partai Demokrat dengan 6 kursi.

Sesuai aturan, lanjut Ari Mustofa, paling lambat 3 hari setelah penetapan KPU Banyuwangi harus menyampaikan hasil penetapan ini kepada gubernur Jawa Timur melalui Bupati Banyuwangi. “Kami juga memberikan laporan kepada KPU Provinsi untuk diteruskan kepada KPU RI,” bebernya.

Mengenai pelantikan calon anggota DPRD terpilih ini, menurut Ari Mustofa harus dilakukan sesuai akhir masa jabatan anggota DPRD yang sebelumnya yakni 21 Agustus. Artinya, kata Dia, pada 21 Agustus nanti harus ada pelantikan untuk anggota DPRD yang baru. “Kita memang terlambat dalam penetapan ini karena masih harus menunggu hasil dari MK (Mahkamah Konstitusi),” akunya.

Kendati demikian, dia optimis bisa melakukan pelantikan tepat waktu. Sebab, segala sesuatu yang berkaitan dengan dokumen seluruhnya sudah siap tinggal diantarkan saja. “Inikan tinggal menunggu SK penetapan ini. Insya Allah Senin kami langsung meluncur ke Bupati dan langsung berangkat ke Surabaya,” pungkasnya.

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top