Arsitektur Bangunan Terunik di Dunia, Bakalan Membuatmu Ingin Mengunjunginya

Beijing National Stadium, China. (istimewa)
Beijing National Stadium, China. (istimewa)

BANYUWANGITIMES, JATIM – Ekspresi akan karya seni memang dapat diwujudkan dalam bentuk apa pun, termasuk juga dalam sebuah arsitektur bangunan, baik bangunan gedung, rumah atau lainnya.

Tak heran bila keunikan dan keindahan yang tercipta dari ekspresi seni itu pun menjadi inspirasi dan objek wisata yang layak dikunjungi.

Berikut ini beberapa contoh arsitektur bangunan unik yang perlu Anda kunjungi.

1. The Winchester Mystery House, California

Arsitektur bagunan unik di dunia yang pertama adalah rumah The Winchester Mystery di California, Amerika Serikat. Rumah ini merupakan kediaman pribadi Sarah Winchester yang merupakan istri pengusaha bernama William Wirt Winchester. 

Rumah itu  kini menjadi tempat wisata populer California karena sejarah uniknya. Yakni, Sarah menuntut para pekerja untuk membangun bangunan itu selama 24 jam tanpa henti, dari tahun 1884 hingga kematiannya pada tahun 1992 silam.

Rumah unik ini terdiri dari empat bagian. Antara lain 160 kamar, 2 ballroom, anak tangga dan puluhan pintu.

2. Beijing National Stadium, China

Beijing National Stadium atau dikenal dengan nama sarang burung adalah merupakan stadium fenomenal dengan arsitektur yang paling rumit dan mungkin terumit di dunia.

Berkapasitas 80 ribu tempat duduk, diresmikan menjelang olimpiade di kawasan zona hijau Olimpiade Beijing pada tahun 2008 lalu.

Untuk mendirikan stadium yang dibangun dari 42 ribu ton baja ini, Pemerintah China telah menghabiskan biaya sekitar Rp 4,56 triliun. Kemudian biaya perawatan stadion setiap tahunnya membutuhkan dana sekitar Rp 65,24 miliar. Tak heran bila stadium luas 258 ribu meter persegi ini disebut dengan stadium termegah di dunia.

3. Dar Al-Hajar, Yaman

Asritektur bangunan unik di dunia berikutnya adalah Dar Al-Hajar yang terletah di Wadi Dhar dekat Sana'a, Yaman.

Istana yang unik ini dibangun oleh Yahya Muhammad Hamid ed Din, seorang pengusaha pada tahun  1930-an. Istana ini berdiri di atas sebuah formasi bebatuan di Wadi Dhar, yakni sebuah lembah subur yang dikelilingi oleh desa-desa.

Awalnya istana ini dibangun sebagai tempat tinggal pada musim panas. Kini bangunan luar biasa dengan interior yang menarik itu terbuka bagi wisatawan siapa pun.

Hanya dengan membeli tiket, para pengujung bisa melihat pemandangan 360 derajat yang indah dan menakjubkan.

4. Chicago Spire, Amerika Serikat

Selanjutnya adalah bangunan Chicago Spire, yang merupakan gedung tertinggi di Amerika Utara yang resmi dibangun pada tahun 2010 lalu. Gedung yang memiliki 150 lantai ini, berbentuk sangat unik yaitu mirip dengan pensil.

Chicago Spire  didesain oleh arsitek Spanyol yang bernama Santiago Calatrava dan dikembangkan oleh Garrett Kelleher dari Shelbourne Development Group. Bangunan ini adalah sebuah apartemen mewah dengan pemandangan yang indah.

Memiliki ketinggian 610 meter atau setara 2.000 kaki dan mempunyai 150 lantai, Chicago Spire akan menjadi salah satu gedung dan struktur tertinggi di dunia.

5. Hang Nga Villa, Vietnam

Sekilas bangunan ini seperti bangunan dari negeri dongeng. Bangunan ini dirancang dan dibangun oleh arsitek Vietnam Dang Viet Nga di aa Lat, Vietnam.

Hang Nga Villa atau sering disebut juga rumah gila, yang terbuat dari beton ini, sekarang berfungsi sebagai restoran dan area penerimaan untuk sebuah hotel bergaya kolonial Prancis.

Setiap fitur di penginapan itu sangat aneh, terdapat juga gua, jaring laba-laba raksasa yang terbuat dari kawat, sebuah jembatan unik, beton menyerupai batang pohon dan jerapah, serta sebuah kedai di dalam batang pohon.

Sejak dibuka pada tahun 1990, bangunan ini telah mendapatkan pengakuan atas arsitekturnya yang unik. Juga isorot dalam berbagai buku panduan dan terdaftar sebagai salah satu dari sepuluh bangunan paling aneh di dunia.

 

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : JatimTIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top