Pencuri HP Mahasiswi Ditangkap Bersama Penadahnya

Tersangka pencuri HP dan penadahnya
Tersangka pencuri HP dan penadahnya

BANYUWANGITIMES – Tim buser Polsek Banyuwangi mengamankan dua orang yang diduga terlibat dalam kasus pencurian HP. Dua orang yang ditangkap masing-masing berperan sebagai pelaku pencurian dan penadah hasil kejahatan.

Yang pertama adalah A. Maksum (38), warga Jl Ikan Paus, Kelurahan Kertosari, Banyuwangi. Pria ini diduga merupakan pelaku pencurian. Tersangka kedua adalah Moch. Fery Aditama (26), warga Jl Kalilo No 39 Kelurahan Pengantigan, Banyuwangi. "Dia kami amankan sebagai penadah," kata Kapolsek Banyuwangi, AKP Ali Masduki melalui Kanit Reskrim Ipda Nurmansyah, Rabu (26/6/19).

Polisi yang dipanggil Nurman ini menyatakan pelaku beraksi pada Sabtu (22/6/19). Ketika itu, korban Anissa Lutvia Putri (19) sekitar pukul 13.45 WIB berangkat kerja dengan mengendarai sepeda motor. Warga Jl Pajajaran II No 23, Kelurahan Tamanbaru, Banyuwangi,  yang masih berstatus mahasiswi ini parkir di depan minimarket Arraihan di Jl Penataran.

Dia pun masuk ke dalam minimarket tersebut.. Gadis ini lupa mengambil HP miliknya yang diletakkan di motor. Saat dia menyadari HP-nya tertinggal di motor, HP tersebut ternyata sudah tidak ada di tempatnya. 

Anissa pun melaporkan kejadian itu kepada polisi. "Kami langsung menindaklanjuti laporan korban dengan melakukan olah TKP dan penyelidikan di lapangan," ucap polisi yang pernah menjadi kasubag hukum Polres Banyuwangi ini.

Aksi pelaku ternyata terekam kamera CCTV yang ada di minimarket itu. Dalam rekaman CCTV itu, terlihat sebuah motor yang diduga milik pelaku. Selang beberapa hari kemudian, yakni Selasa (25/6/19), polisi melihat motor yang sama di Jl A. Yani, tepatnya di depan sebuah toko roti. Di sana polisi mengamankan tersangka Maksum.

Kepada polisi, Maksum mengakui dirinya telah mencuri HP milik korban yang diletakkan di dashboard motor. Namun dirinya mengaku telah menjual HP tersebut kepada tersangka Fery Aditama yang bekerja di sebuah rumah makan di wilayah Mendut. Setelah itu, petugas langsung menangkap tersangka Fery. "Keduanya  kami amankan menuju ke Mapolsek Banyuwangi untuk penyidikan lebih lanjut," kata Nurman. 

Barang bukti yang diamankan dalam perkara ini berupa Yamaha Fino dengan nomor polisi P 6477 UY disita dari tersangka Maksum dan HP Xiaomi Note 5a serta Samsung disita dari tersangka Fery. Maksum dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dan tersangka Fery dijerat dengan apasal 480 KUHP tentang penadahan barang hasil kejahatan. 

 

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top