Puluhan Relawan Ikuti Bimtek BNN Provinsi Jatim di Genesa Foundation Banyuwangi

Suasana bimtek di Panti Rehabilitasi Genesa Foundation Banyuwangi oleh BNN  Provinsi Jatim, Selasa (21/5/19).
Suasana bimtek di Panti Rehabilitasi Genesa Foundation Banyuwangi oleh BNN Provinsi Jatim, Selasa (21/5/19).

BANYUWANGITIMES – Genesa Banyuwangi Foundation (GBF) menggelar bimbingan teknis (bintek) Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat tahun 2019. Bimtek yang dilaksanakan di Panti Rehabilitasi di Perum Green Brawijaya Blok B10 Banyuwangi ini diikuti puluhan relawan dari berbagai penjuru kota berjuluk Sun Rise Of Java, Selasa (21/5/19).

Pemateri dalam kegiatan bimtek tersebut  adalah konselor adiksi dari Klinik Rehabilitasi BNNP Ipda Juwari SH, petugas skrining dan intervensi lapangan bidang rehab BNN Provinsi Jawa Timur Muhammad Danu Marmansyah, serta Kepala Panti Rehabilitasi Genesa Tutik Handayani AMd Kep SPd.

Tampak hadir juga, dr Didik Sulasmono (direktur KDS Gitik Rogojampi), pembina Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Badan Penelian Aset Negara Lembaga Aliansi Indonesia (BPAN LAI) Kabupaten Banyuwangi Hakim Said SH, dan relawan dari Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Banyuwangi (Mapala Uniba).

Bimtek dengan durasi waktu kurang lebih 2 jam ini berlangsung santai. Penyampaian materi  oleh konselor adiksi Klinik Rehabilitasi Ipda Juwari mengupas proses rehabilitasi secara umum dan dianjutkan tentang optimalisasi proses layanan rehabilitasi medis. Dalam kontek ini,  ditekankan peningkatan mutu layanan rehabilitasi sampai dengan pascarehabilitasi.

"Penanganan masalah penyalahgunaan narkoba memerlukan upaya terapi rehabilitasi yang berkelanjutan dan komprehensif. Ini harus diperhatikan," jelas Juwari dengan lugas.

Paparan lainnya disampaikan letugas skrining dan intervensi lapangan bidang rehab BNN Provinsi Jatim Muhammad Danu Marmansyah. Dia beberkan tentang petunjuk teknis rehabilitasi terkait penjangkauan.

"Teknik rehabilitasinya ada beberapa tahapan, penjangkauan, assesment, skrining, pemeriksaan medis dan psikologis. Kemudian lanjut ke rencana intervensi, rawat jalan, pascarehab hingga pulih produktif," jelas Danu.

Sementara, Kepala Panti Rehabilitasi Genesa Tutik Handayani mengatakan, kegiatan bimtek yang dilakukan BNN Provinsi Jatim ini sebagai kelanjutan dari MoU Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) dengan BNN pusat. "Jadi, ini merupakan giat berkelanjutan," jelasnya.

Sedangkan pengawas Panti Rehabilitasi Genesa Adi Rijanto ST menyatakan, kegiatan hari ini merupakan penguatan kelembagaan agar terbentuk Badan Narkotika Kabupaten (BNK) di Banyuwangi. "Harapan kami, ada intervensi positif dari semua stakeholder di Banyuwangi. Juga BPAN LAI mulai dari pimpinan DPC, DPD hingga DPP di Jakarta. Sehingga akan ada penyegeraan terbentuknya BNK di Banyuwangi," tandas Adi yang juga pegiat lingkungan ini. 

Pewarta : Hakim Said
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top