Jelang Arus Mudik, Polisi Mulai Petakan Jalur Blackspot

Petugas mengecek kondisi jalan di jalur blackspot Banyuwangi.
Petugas mengecek kondisi jalan di jalur blackspot Banyuwangi.

BANYUWANGITIMES – Menjelang arus mudik Lebaran 2019, aparat kepolisian melakukan survei pemetaan blackspot, Selasa (21/5/19). Survei dilakukan tim gabungan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim bersama Satlantas Polres Banyuwangi dan instansi terkait.

 Blackspot berada di jalur Pantura Banyuwangi. Tepatnya di wilayah Desa Sidodadi, Kecamatan Wongsorejo.

Petugas melakukan pemantauan di lokasi blackspot yang terbentang sepanjang kurang lebih satu kilometer. Survei dilakukan secara mendetail untuk bahan evaluasi. Hasil evaluasi kemudian dijadikan sebagai dasar untuk mengambil langkah pencegahan untuk menekan tingkat kecelakaan di jalur tersebut.

Kasi Amdal Subdirektorat Keamanan dan Keselamatan Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim Kompol Kasiani menyatakan, timnya memang sedang melaksanakan survei pemetaan blackspot di seluruh jajaran Polres di Jawa Timur. “Setiap polres memiliki blackspot,” katanya.

Tahun ini, lanjut Kasiani, blackspot Banyuwangi berbeda dengan tahun 2019. Artinya, Banyuwangi sudah memiliki upaya pada jalur blackspot. Untuk tahun 2019 ini,  blackspot Banyuwangi berada di Jl  Raya Situbondo-Banyuwangi. 

Dalam radius satu kilometer blackspot ini, ada 14 kejadian kecelakaan dengan korban meninggal dunia mencapai 16 orang. “Itu menurut kami bukan jumlah yang sedikit,” ucap Kasiani.


Untuk itu, Polres Banyuwangi bersama instansi terkait berusaha menekan angka kecelakaan blackspot ini. Kepolisian dan seluruh stkae holder berusaha meminimalisasi kejadian yang ada di jalur ini dengan sesuai dengan kewenangan masing-masing. Sebagai contoh dari Balai Perawatan Jalan nasional (BPJN) yang akan melaksanakan perawatan dan pengerasan jalan. 


Di jalur blackspot ini, lanjut Kasiani, jalannya hanya memiliki lebar 7,5 meter. Selain itu, ada bangunan yang bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, yakni adanya bangunan liar. Bangunan liar ini berdiri di bahu jalan. “Nanti pihak kabupaten akan berkoordinasi dengan satpol PP untuk meniadakan bangunan-bangunan yang mengganggu fungsi jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kanit Kecelakaan Satlantas Polres Banyuwangi Iptu Ardhi Bita Kumala menyatakan, untuk menekan kecelakaan khususnya di jalur blackspot ini, pihaknya bersama instansi terkait sudah melakukan berbagai upaya. Termasuk pendirian pos pantau yang akan digunakan petugas untuk mengawasi jalur tersebut.

Khusus dari Satlantas Polres Banyuwangi, menurut Ardhi, akan dilaksanakan patroli secara berkesinambungan, patroli gabungan, dan melakukan tindakan tilang. Selama arus mudik, juga akan dipasang banner imbauan dan peringatan kepada pengguna jalan di sepanjang jalur blackspot tersebut. “Agar masyarakat atau pengguna jalan yang mudik bisa lebih berhati-hati dalam perjalanan,” ujarnya.

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top