23 April PT. KAI Gratiskan Kereta Api Lokal

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

BANYUWANGITIMES – Memperingati Hari Ulang Tahun ke-21 Kementerian BUMN PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan tiket dengan tarif Rp 0,- alias gratis. Tarif Rp 0 ini berlaku untuk kereta api (KA) lokal. Penggratisan tarif ini berlaku satu hari yakni pada hari Sabtu, tanggal 23 April 2019.

Humas PT. KAI Daop 9 Jember, Luqman Arif menyatakan, pemberlakuan tarif Rp 0 ini sekaligus untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api serta mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan moda transportasi umum ketika bepergian ataupun berkativitas sehari – hari.  "Masyarakat bisa mendapatkan tiket KA-KA tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show (hari H)," katanya.

Setiap calon penumpang dapat membeli maksimal 1 tiket kecuali membawa anak usia di bawah sepuluh tahun dan lansia. Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api. Untuk masyarakat yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 (tiga) hari sejak kedatangan KA.

KA lokal di Daop 9 Jember, yaitu KA Pandanwangi yang dalam sehari berjumlah 4 kali perjalanan. Terdiri dari 2 kali berangkat dari Stasiun Jember pada jam 05.15 dan 15.30 WIB dan berangkat dari Stasiun Banyuwangi baru pada jam 10.00 dan 20.30 WIB.

Rangkaian KA Pandanwangi terdiri dari 6 kereta kelas ekonomi dengan total berjumlah 636 tempat duduk. Dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk KA lokal kapasitas angkut adalah 150% dari jumlah tempat duduk.

“Menyambut momentum HUT ke-21 Kementerian BUMN, promo tiket KA lokal tarif Rp0,- tersebut merupakan kontribusi KAI dalam mewujudkan BUMN Hadir untuk Negeri. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan promo ini semaksimal mungkin,” kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyumas TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top