Pengawas TPS Dikenalkan Aplikasi Siwaslu

Ketua Panwascam Glagah Viky Sujatmiko sedang memberikan materi kepada pengawas TPS.
Ketua Panwascam Glagah Viky Sujatmiko sedang memberikan materi kepada pengawas TPS.

BANYUWANGITIMES – Untuk memantapkan pemahaman  petugas pengawas tempat pemungutan suara (TPS) terhadap tugasnya, Bawaslu Banyuwangi kembali melakukan bimbingan teknis (bimtek). Bimtek terhadap pengawas TPS ini dilaksanakan Panwascam masing-masing kecamatan. Bimtek ini merupakan kali kedua untuk pengawas TPS.

Materi bimtek  untuk pengawas TPS ini adalah pengenalan aplikasi Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu). Aplikasi ini akan digunakan dalam pengawasan pemungutan dan perhitungan suara pada 17 April 2019 mendatang. "Kami kenalkan kepada pengawas TPS agar dipahami fungsi dan cara penggunaan aplikasi ini," kata Viky Sujatmiko, ketua Panwascam Glagah, Kamis (11/4/19) malam.

Panwascam Glagah menggelar bimtek untuk pengawas TPS di aula sebuah rumah makan di wilayah Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah. Bimtek digelar mulai pukul 18.00 WIB. Dalam bimtek tersebut, Panwascam Glagah menghadirkan Komisioner Bawaslu Banyuwangi Koordinator Bidang SDM Hasyim Wahid.

Selain pengenalan, pada bimtek itu juga dilakukan uji coba aplikasi Siwaslu. Tujuannya agar seluruh pengawas TPS benar-benar paham bagaimana menjalankan aplikasi itu sehingga saat penggunaannya nanti tidak menemui kendala. "Langsung dilakukan uji coba agar semua pengawas TPS paham," terang ayah satu anak ini.

Selain pengenalan dan uji coba aplikasi Siwaslu, dalam bimtek itu pengawas TPS juga diberi pembekalan tentang tugas dan tanggung jawabnya saat bertugas nanti. Hal ini untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengawas TPS agar mereka paham tentang tugas, wewenang  dan kewajibannya ketika berada di TPS. "Pengawas TPS juga  dibekali buku panduan Pengawas TPS untuk lebih memahami  kerja pengawasan mereka di lapangan," pungkasnya. 

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top