Rumah Disatroni Tetangga, Puluhan Juta Amblas buat Main Perempuan

Petugas Polsek Cluring mengecek kamar rumah korban.
Petugas Polsek Cluring mengecek kamar rumah korban.

BANYUWANGITIMES – Aparat kepolisian membekuk Adi Irwanto, (43), warga Dusun Krajan, Desa Sraten, Kecamatan Cluring. Dia ditangkap karena diduga terlibat pencurian di rumah Gusnudin, (48), tetangganya sendiri. Pria ini kini harus mendekam dalam tahanan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Aksi pencurian di rumah Gusnudin terjadi pada Minggu (7/4/19).  Ketika itu, korban dan istrinya sedang mengantar anaknya ke Pondok Blokagung. Mereka berangkat sekitar pukul 18.00 WIB. "Sekira pukul 20.30 WIB korban pulang dari Blokagung dan melihat pintu kamar dalam keadaan terbuka. Pintu almari yang ada di kamar tidurnya terbuka bekas dicongkel," kata Paur Humas Polres Banyuwangi Ipda Lita Kurniawan, Kamis (11/4/19).

Di lemari tersebut terdapat bekas congkelan. Saat diperiksa, uang milik korban senilai Rp 35.000.000 yang disimpan dalam lemari raib. Begitu juga satu unit HP merek Nokia yg ada di atas tempat tidur juga hilang. Korban kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Cluring.  

Berdasarkan laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Cluring melakukan penyelidikan. Akhirnya, polisi mengamankan tersangka di rumahnya. Dari hasil interograsi, pelaku mengakui telah melakukan pencurian di rumah korban bersama seorang berinisi MAT. "Teman pelaku saat ini masuk dalam daftar pencarian orang," katanya.

Dalam pemeriksaan diketahui pelaku beraksi dengan cara memanjat tembok belakang rumah korba. Selanjutnya mencongkel pintu belakang namun gagal. Kemudian MAT naik ke atap  dan membuka genteng. Kemudian masuk lewat plafon dan mengambil uang yang ada di dalam almari dengan mencongkel menggunakan obeng. Sedangkan pelaku Adi Irwanto menunggu di luar rumah untuk berjaga-jaga jika korban pulang.

Setelah beraksi, MAT meminta bantuan Adi Irwanto keluar dengan menggunakan tangga untuk memanjat pagar tembok. Selanjutnya, tersangka Adi Irwanto diberi uang sebesar Rp 10.000.000 dan sebuah handphone merek Nokia. Setelah itu, mereka berpisah. "Selanjutnya uang bagian pelaku Adi Irwanto telah dihabiskan untuk main perempuan dan membeli gelang dan cincin emas dan untuk membayar utang serta untuk foya-foya," ungkapnya.

Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Barang bukti yang diamankan berupa sebuah gergaji dengan gagang terbakar, sebuah sandal sebelah kiri dalam keadaan putus, sebuah dosbook handphone merek Nokia, sebuah obeng, sebuah gelang emas berat 6,950 gram beserta suratnya, sebuah cincin enam berat 2,400 gram beserta suratnya, uang sebesar Rp 30.000.

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top