Journalist Camp 2019 Hari Pertama, Peserta: Asyik, Menyenangkan, dan Sangat Penting

Para peserta Journalist Camp 2019 berfoto bersama Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Para peserta Journalist Camp 2019 berfoto bersama Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Pelaksanaan Journalist Camp 2019 hari pertama sukses digelar di Warung Pan Java, Kamis (4/2). Event Journalist Camp 2019 yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kota Malang dan bekerja sama dengan media online berjejaring terbesar se-Indonesia MalangTIMES.com ini diikuti sejumlah 104 SMP se-Kota Malang.

Pada hari pertama ini, para peserta mendapatkan 3 materi, pertama yakni Membuat Blog dan Vlog Kreatif oleh Branch Manager AirAsia Malang Ir Immanuel Osijo. Kedua, Menulis Berita dan Teknik Wawancara oleh Pemimpin Redaksi JatimTIMES.com Heryanto. Ketiga, Menjadi Youtuber Andal, Membuat Video Menarik, dan Menembus Media Sosial oleh Youtuber Nasional Harfrida Vindy Agustie atau yang lebih dikenal dengan Ini Vindy.

Salah satu siswa dari SMP Shalahuddin mengaku kegiatan di hari pertama ini asyik, menyenangkan, dan juga sangat penting untuk anak-anak seusianya yang sudah pasti banyak bermain gadget.

"Kegiatan ini cukup asyik, menyenangkan, dan menurutku ini sangat penting buat aku. Soalnya di sini kan banyak banget yang terlalu main gadget tapi enggak tahu fungsi positifnya apa. Menurutku itu penting banget, soalnya diajari memanfaatkan gadget untuk berkarya, mencari uang, dan lain-lain," papar Anisa Nabila, siswi dari SMP Shalahuddin.

Keseruan itu tidak hanya dirasakan oleh Anisa saja. Melainkan juga dirasakan oleh Rafi Maynard, siswa dari SMP Islam Sabilillah. "Acaranya bagus, seru, cocok buat anak muda yang bingung mencari inspirasi," tukasnya.

Sependapat dengan Rafi, Meisa Ailin dari SMP Putri Al-Irsyad juga berpendapat kegiatan hari pertama ini cukup seru. Bahkan dirinya ingin mengikuti Journalist Camp kembali jika diadakan lagi. "Kegiatannya seru, banyak informasi, dan memotivasi banget lah. Kalau diadakan pengen ikut lagi. Pengen banget. Pasti ikut lagi, insya Allah," ungkapnya.

Sementara itu, para guru yang mendampingi siswa siswinya berpendapat bahwa materi yang diberikan memang penting dan cocok untuk generasi milenial. "Materi yang disampaikan itu benar-benar cocok untuk anak-anak generasi milenial. Biar mereka tidak hanya menjadi generasi yang abal-abal, generasi yang biasa, tapi generasi yang benar-benar bisa untuk menjadi anak-anak yang luar biasa dalam menyongsong era 4.0," papar Awwat Warta, guru dari SMP Islam Sabilillah.

Lebih lanjut Awwat menyatakan bahwa secara umum kegiatan Journalist Camp hari ini sangat luar biasa. Pematerinya, menurut Awwat adalah pemateri yang mumpuni di bidangnya.

Seperti yang diketahui, pemateri-pemateri dalam Journalist Camp memang dipilih khusus oleh MalangTIMES.com sesuai dengan kebutuhan para siswa di era revolusi industri ini. Benar saja, salah satu guru dari SMP Islam Baitul Makmur mendapat kesan yang positif akan materi-materi yang diberikan.

"Benar apa yang dibilang Pak Immanuel tadi. Anak-anak itu nggak akan berubah kalau gurunya nggak berubah. Jadi ini bener-bener tugas guru sekarang dan itu saya akui susah untuk mengubah mindset anak dalam penggunaan IT agar tidak hanya dibuat for fun saja tapi diambil positifnya," terang Choirul Anisa, guru dari SMP Islam Baitul Makmur.

Anisa sendiri menceritakan pengalaman pribadinya yang sempat survey di kelas. Ia menyatakan bahwa para siswa menggunaan hp untuk bermain saja. Ia berharap, dengan adanya kegiatan Journalist Camp ini anak-anak bisa memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif. "Tapi kan tidak semua anak berpikiran seperti itu. Nah itulah tugas guru. Makanya menurut saya acara ini cukup positif," pungkasnya.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top