Journalist Camp 2019 Bakal Latih Siswa Buat Vlog dan Blog Kreatif, serta Menjadi YouTuber Andal

Yunan Helmy memaparkan kegiatan Journalist Camp 2019. (Foto: Igoy/MalangTIMES)
Yunan Helmy memaparkan kegiatan Journalist Camp 2019. (Foto: Igoy/MalangTIMES)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Internet dan media sosial kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Orang-orang kini sudah tak canggung lagi membagikan pengalaman pribadinya ke internet. Entah itu melalui teks, suara, gambar, hingga video. Bahkan, kegiatan ini juga bisa menjadi pekerjaan yang dapat menghasilkan penghasilan yang besar.

Salah satu kegiatan di internet yang tentunya bermanfaat apabila dilakukan dengan baik adalah vlog. Vlog sendiri adalah gabungan antara video dan blog. Vlog menggabungkan unsur video, suara, gambar, teks, informasi, dan juga emosi dalam sebuah konten.

Seperti yang diketahui, vlog sudah populer di Indonesia. Para pembuat vlog biasanya akan menggunakan YouTube sebagai platform untuk mengunggah video.

Vlog yang sukses menyedot perhatian, biasanya akan mendapatkan jumlah viewer serta subscriber yang tinggi. Para vlogger biasanya mendapatkan penghasilan dari vlog-vlog yang mereka buat.

Bagi anak-anak, vlog dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan berbagai skill, salah satunya adalah public speaking. Selain itu, vlog juga dapat menghasilkan uang, mengabadikan momen, dan sarana berbagi ilmu.

Selain vlog, ada pula blog yang jika dipergunakan dengan baik akan sangat bermanfaat untuk anak-anak. Blog bukan hanya sekadar media untuk mengeluarkan opini maupun menyampaikan pendapat.

Sama seperti vlog, blog juga digunakan sebagai sarana berbagi ilmu, mengabadikan momen, dan juga bisa menghasilkan uang. Namun, berbeda dengan vlog, blog menggunakan medium tulisan dan foto.

Selain berbagi pengetahuan, blog juga dapat mengasah kemampuan menulis anak. Tak hanya itu, seperti halnya vlog, blog juga dapat menghasilkan uang.

Nah, dalam event Journalist Camp 2019 kali ini, siswa siswi akan diberikan materi mengenai membuat blog dan vlog kreatif. Materi ini akan diajarkan langsung oleh Branch Manager AirAsia Malang Ir Immanuel Osijo.

"Dia itu jago vlog dan blog. Hampir tiap minggu ke luar negeri. Jadi dia itu sering membuat blog dan vlog di negeri yang dia kunjungi. Biasanya dikirim ke media massa, baik online maupun cetak. Itu nanti pengalaman-pengalamannya bagaimana membuat blog dan vlog yang kreatif kita gali di situ," terang Yunan Helmy, pemateri dalam Sosialisasi Journalist Camp 2019 di SMPN 20 Malang, Senin (2/3).

Selain itu, event Journalist Camp 2019 yang digelar Dinas Pendidikan Kota Malang bekerja sama dengan media online terbesar se Malang Raya, MalangTIMES.com ini juga menyajikan materi Menjadi YouTuber Andal.

Di sini, siswa akan diajari cara membuat video menarik dan menembus media sosial hingga menjadi terkenal oleh Youtuber Nasional Harfrida Vindy Agustie, atau yang lebih dikenal dengan Ini Vindy. Perlu diketahui, Ini Vindy adalah YouTuber sekaligus makeup artist yang penghasilannya mencapai miliaran rupiah per tahun.

"Videonya sudah sangat banyak di YouTube. Nanti kita bisa belajar bagaimana cara membuat video YouTube yang menarik dan menghasilkan duit. Sekarang itu eranya teknologi. Banyak orang yang mendapat penghasilan besar dari kegiatan yang seperti ini (blogging dan vlogging)," pungkas Yunan yang juga menjadi Editor sekaligus Manajer Sumber Daya Manusia Malangtimes.com.

Untuk diketahui, Journalist Camp yang diikuti oleh 104 SMP se-Kota Malang ini juga menyajikan materi mengenai teknik menulis berita dan wawancara, membuat website atraktif dan digitalisasi, serta optimalisasi desain dan konten website kreatif. Nantinya para peserta juga akan latihan membuat vlog di Warung Pan Java, Dau.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top