Riwayat Penyakit Ratusan Anggota Polres Banyuwangi Dilacak

Anggota Polres Banyuwangi saat mengikuti Rikkes dari Biddokkes Polda Jatim yang bertempat di Rupatama Polres Banyuwangi, Kamis (14/3/19) siang.
Anggota Polres Banyuwangi saat mengikuti Rikkes dari Biddokkes Polda Jatim yang bertempat di Rupatama Polres Banyuwangi, Kamis (14/3/19) siang.

BANYUWANGITIMES – Ratusan anggota dan PNS Polres Banyuwangi mengikuti giat Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) dari  Biddokkes Polda Jatim yang bertempat di aula Rupatama, Polres Banyuwangi, Kamis (14/3/19) siang.

Salah satu Tim Biddokkes Polda Jatim Kompol Priyo Sudarmoko, tampak mengawal  Pemeriksaan anggota Polri dan PNS Polres Banyuwangi yang meliputi pemeriksaan fisik, gigi, laboratorium, treadmill, Rontgen dan ECG. Dalam pemeriksaan kali ini, tim Biddokkes Polda Jatim melakukan pemeriksaan sesuai dengan urutan pendaftar, siapa yang mendaftar terlebih dahulu, akan mendapat pelayanan kesehatan lebih awal. "Yang daftar awal akan diperiksa lebih dulu," ujar Kompol Priyo Sudarmoko, Kamis (14/3/19).

Dalam giat pemeriksaan kesehatan ini, diikuti sebanyak 179 anggota yang sudah terseprint meliputi anggota hingga Kabag, Kasat, dan Kapolsek yang ada diwilayah Polres Banyuwangi

Menurut Kompol Priyo Sudarmoko, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan satu tahun satu kali. Dan hasil pemeriksaan ini bisa dilihat setelah 10 hari dari pemeriksaan. Jika dari pemeriksaan ini ada anggota atau PNS yang terindikasi penyakit, pihaknya akan memberikan rekam medis yang dilampiri rujukan atau saran untuk berobat ke dokter atau ke RSU Bhayangkara Polda Jatim.

"Hasil pemetaan ini bisa diketahui setelah 10 hari dari pemeriksaan saat ini, dan hasil pemeriksaan ini akan dilampiri rekam medis, jika ada yang terindikasi penyakit kami akan melaporkan rujukan agar berobat ke dokter atau memberikan rujukan ke RSU Bhayangkara Polda Jatim," paparnya.

Lebih lanjut Kompol Priyo menjelaskan, pemeriksaan ini sebagai bentuk pencegahan, sebelum anggota atau PNS Polri ini terkena penyakit. "Pemeriksaan ini bentuk pencegahan, pemeriksaan kesehatan itu penting sebelum diri kita terkena penyakit, sehat itu mahal harganya, makanya sebelum kita sakit, lebih baik mencegahnya dan menjaga kesehatan sebaik mungkin agar menunjang tugas sebagai anggota Polri," imbaunya.

Di tempat yang sama, Urkes Polres Banyuwangi, Penda Nur Prasetyo Hadi mengatakan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Biddokkes Polda Jatim ini sudah yang keempat kalinya. "Pemeriksaan berkala  ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini, jika ada anggota atau PNS di lingkungan Polri ada yang terjangkit penyakit menular atau berbahaya," ujar Nur Prasetyo Hadi.

Jika benar nantinya ada yang terindikasi, kata Nur Prasetyo Hadi, akan langsung dirujuk ke dokter atau rumah sakit. "Setelah mengetahui hasil dari pemeriksaan ini, akan menjadi pedoman anggota maupun PNS yang ada di lingkungan Polres Banyuwangi ini.
Bagi yang terindikasi penyakit, bisa berkonsultasi dengan petugas kesehatan," pungkasnya Penda Nur Prasetyo Hadi yang sudah tiga tahun menjabat di Urkes Polres Banyuwangi ini.

Pewarta : Hakim Said
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top