Tour De Sawah, Gowes Anti-Mainstream dengan Trek Area Persawahan

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik H.Z. melepas para peserta Tour De Sawah.
Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik H.Z. melepas para peserta Tour De Sawah.

BANYUWANGITIMES – Balap sepeda di jalan raya atau di perbukitan sudah biasa. Di Banyuwangi, para pecinta gowes bisa merasakan lomba balap sepeda dengan trek area persawahan.

 Karena jalurnya yang anti-mainstream, balap sepeda yang disebut dengan Tour de Sawah ini diminati banyak orang. Pesertanya mencapai ribuan.

Tour de Sawah ini dilaksanakan di wilayah Tegaldlimo, Minggu (10/2/19). Penyelenggaranya adalah kalangan pemuda desa setempat dengan menggandeng Polres Banyuwangi. Dengan mengambil start di lapangan Desa Kedungasri, Tour de Sawah mengambil rute area persawahan yang asri sejauh sekitar 20 km.

Ketua panitia Tour de Sawah, Enot Sugiharto menyatakan, kegiatan itu terispirasi International Tour De Banyuwangi Ijen (ITDBI) yang mengambil trek menantang hingga ke kaki Gunung Ijen. Dia pun memutuskan mengadakan lomba dengan trek area persawahan. "Ini bisa menjadi tantangan baru sekaligus suguhan yang berbeda bagi para pecinta gowes," kata pria yang juga jurnalis televisi swasta nasional ini.

Selama ini,  menurut Enot, tidak ada yang melirik area persawahan sebagai jalur lomba gowes. Padahal Banyuwangi memiliki area persawahan yang jalurnya cukup menaikkan adrenalin. Belum lagi keindahan area persawahan yang terhampar luas. "Jadi, selain jalurnya yang tidak kalah menantang, peserta bisa menikmati indahnya hamparan sawah," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi menyatakan pelaksanaan gowes Tour De Sawah ini salah satunya adalah untuk memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada Sabtu (9/2/19).

Selain itu, kata kapolres,  untuk mengampanyekan Millennial Road Safety Festival. Dia meminta peserta tetap menjaga keselamatan dan berhati-hati saat melewati jalur. "Selamat menikmati jalur," ujarnya sambil melepas peserta dari garis start.

Dalam kegiatan itu, juga disediakan tempat pemeriksaan kesehatan  gratis. Semua peserta maupun warga bisa melakukan pemeriksaan gratis yang diberikan petugas dari urusan kesehatan Polres Banyuwangi. Lomba ini memberikan hadiah utama berupa dua unit sepeda motor.

 

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Yogi Iqbal
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top