Inisiatori Bedah Rumah dan Penerangan Jalan Umum Secara Swadaya, Polisi Ini Dapat Penghargaan dari Lemkapi

Aiptu Sutomo menerima penghargaan dari Direktur Lemkapi disaksikan Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi
Aiptu Sutomo menerima penghargaan dari Direktur Lemkapi disaksikan Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi

BANYUWANGITIMES –  Seorang anggota Polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, mendapatkan penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi). Dia terpilih karena perannya sebagai inisiator bedah rumah bagi warga tidak mampu dan lampu penerangan di desa tempatnya bertugas dan desa sekitarnya.

Adalah Aiptu Sutomo, Polisi yang mendapatkan penghargaan Promoter Reward dari Lemkapi. Anggota Polsek Tegaldlimo ini menerima penghargaan itu Selasa (8/1/19) siang. Penyerahan penghargaan ini dilakukan langsung Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan. Penyerahan disaksikan Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, pejabat utama Polres, para Kapolsek dan puluhan anggota Bhabinkamtibmas.

Aiptu Sutomo meraih penghargaan ini setelah selama empat tahun melaksanakan program bedah rumah bagi warga kurang mampu dan penerangan jalan umum. Semuanya dilakukan dengan dana swadaya dari masyarakat. Ada 15 rumah warga miskin yang telah dibedah. “Sebanyak 14 unit di lingkungan tinggal saya dan desa binaan kami. Satu lagi rumah roboh di Desa Kedungwungu," ungkap Aiptu Sutomo, setelah menerima penghargaan.

Ide bedah rumah ini berawal saat dirinya mengetahui rumah sejumlah warga dilingkungannya dalam kondisi yang kurang layak. Diapun mulai membahas itu dengan warga di warung kopi hingga akhirnya dibentuk panitia untuk pelaksanaan bedah rumah. Sampai akhirnya dia bersama warga bisa membangun satu hingga dua rumah setiap tahunnya.

Sutomo juga menjadi inisiator untuk mendirikan lampu penerangan jalan umum (PJU) di Desa binaanya. Sudah 315 PJU yang didirikan bersama warga. Ini dilakukan mencegah terjadinya kejahatan di sekitar desa. Tidak main-main, nilainya ratusan juta. Namun dana seluruhnya hasil swadaya masyarakat yang dimotori Aiptu Sutomo. “Kita lakukan agar tidak ada kejahatan di tempat gelap," bebernya.

Karena dilakukan dengan cara swadaya, lanjut Sutomo, kunci suksesnya kegiatan itu adalah kepercayaan masyarakat. Dia membutuhkan kepercayaan penuh dari masyarakat. Kepercayaan itu dibangunnya dengan transparansi dan keterbukaan. "Kalau sudah transparan masyarakat akan percaya," bebernya.

Pada kesempatan itu, Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan, apa yang dilakukan Aiptu Sutomo sudah banyak membantu masyarakat. Untuk itu dirinya datang jauh-jauh ke Banyuwangi untuk memberikan penghargaan. “Karena Dia sudah bekerja dengan baik, sudah melaksanakan tuganya dengan baik, dan masyarakat mengucapkan terima kasih,” tegasnya.

Menurutnya, Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polisi kepada masyarakat. Kalau Bhabinkamtibmas bagus, maka kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan semakin baik. Dia berharap bhabinkamtibmas akan semakin produktif dalam memberikan layanan kepada masyarakat. 

Berdasarkan survei Lemkapi, Tahun 2018 tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri mencapai 82,3%. Angka ini meningkay dari Tahun 2017 yang berada pada level 78,6%. Faktor dominan yang mempengaruhi adalah tingkat kehadiran masyarakat di tengah-tengah Polisi.  “Bhabinkamtibmas itu betul-betul berperan di tengah masyarakat, kalau mereka semakin banyak di tengah masyarakat, maka tingkat kepercayaan terhadap Polri akan semakin baik,” tegasnya.

Kapolres AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi mengapresiasi penghargaan yang diterima anggotanya. Ini membuktikan seluruh Bhabinkamtibmas telah berbuat optimal pada masyarakat. Kedepannya ini akan memberikan motivasi pada bhabinkamtibmas yang lain. “Teruslah berkarya dan bekerja tanpa ada sesuatu apapun, Insya Allah akan kembali nanti hasilnya pada bhabinkamtibmas itu sendiri,”  pungkasnya.

 

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top