Koni Banyuwangi Putuskan Tak Ikut Porprov, Ini Alasannya

Pengurus Koni Banyuwangi saat rapat memutuskan tidak ikut Porprov 2019
Pengurus Koni Banyuwangi saat rapat memutuskan tidak ikut Porprov 2019

BANYUWANGITIMES – Wow, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banyuwangi memutuskan tidak mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2019. Keputusan ini didukung seluruh cabang olahraga (cabor) yang bernaung di bawah KONI Bumi Blambangan secara bulat.

Pilihan pahit ini diputuskan dalam rapat bersama antara pengurus KONI dan pengurus cabor di Sekretariat KONI Banyuwangi di Jalan Kalasan, Kelurahan Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, Senin (7/1/19) sore. Padahal prestasi dalam Porprov skornya tinggi. "Silahkan cabor ikut Porprov, tapi inisiatif sendiri - sendiri," terang Mukayin.

Sekretaris Umum KONI Banyuwangi ini menambahkan,  Tahun 2019 pihaknya hanya mendapat Alokasi Dana Hibah Rp 2,7 miliar. Padahal era sebelumnya mendapat kucuran hibah dari pemda setempat Rp 5,5 miliar. Angka ini sangat membingungkan pengurus KONI maupun cabor dalam mengalokasikan dan mengelola anggaran.

"Dulu sekretariat mengambil 10 persen dari dana yang turun. Sekarang hanya mengambil 9 persen. Gak bisa diturunkan lagi. Nek dipaksa turun, saya tak pensiun daripada harus menanggung hutang," serunya.

Keputusan bersama pun memutuskan bahwa dana hibah yang turun setelah dipotong untuk alokasi sekretariat diperuntukkan bagi pembinaan atlet dan cabang olahraga. Sehingga KONI yang dulu mentargetkan ikut Porprov 2019 terpaksa membatalkan niat. "Semua proposal pengajuan dari cabor dicoret," tegasnya lagi.

Wakil Ketua KONI sekaligus Ketua Tim Verifikasi, Bonavita Dwijayanto, menegaskan bila cabor yang tak ikut Porprov 2019 tidak akan dipaksa oleh KONI. Karena dana hibah memang dilokasikan khusus untuk pembinaan. "Porprov tidak masuk dalam laporan pertanggung jawaban (LPJ)," tukas Bonavita Dwijayanto.

Sesuai jadwal, Porprov 2019 digeber di empat kota. Yakni Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro. Pelaksanaannya pada Juni 2019. Untuk menyongsong itu masing - masing cabor telah mempersiapkan diri selama 4 tahun. Sayang kini harapan itu pupus gara-gara ketiadaan anggaran.

Pewarta : Hakim Said
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top