Jangan Macam-Macam Sama Presiden jika Tak Mau Berurusan dengan 10 Alat Canggih Ini

Ilustrasi (Daftar Populer)
Ilustrasi (Daftar Populer)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Seorang presiden wajib mendapatkan pengawalan ekstraketat atau VVIP untuk mencegah serangan dari musuh-musuh yang ingin menyerang. Seorang presiden biasanya dikawal puluhan anggota pasukan pengaman presiden. Mereka orang-orang pilihan yang memiliki kemampuan mumpuni.

Namun, pasukan pengawal presiden tidak hanya dibekali kemampuan indiviual yang hebat. Mereka juga dibekali alat-alat canggih, termasuk senjata, untuk melumpuhkan atau mendeteksi keberadaan musuh.

Dirangkum dari channel Youtube Daftar Populer, ini dia sepuluh teknologi canggih yang biasanya melekat pada pasukan pengawal presiden. Termasuk Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) di Indonesia.

1. Pistol Canggih

Pistol ini memiliki fisik yang kecil dan ringan. Dengan kenyamanannya, mesiu pistol ini mampu menampung 17 peluru sekali tembak. Jika musuh sudah terdeteksi, pistol ini bisa digunakan untuk mengancam atau sekaligus menembak dari jarak dekat.

Pistol ini digunakan oleh Secret Service dalam tugasnya mengawal presiden Amerika. Bukan hanya pistol ini yang digunakan Secret Service. Ada juga Sub Machine Guns FNP9P buatan Belgia yang bisa memberondong langsung 50 kali tembakan ke arah musuh.

2. Kacamata Hitam

Anda tentunya sudah sering melihat pengawal presiden menggunakan kacamata hitam. Memang tampak keren, bukan.  Namun jangan salah dulu. Kacamata yang digunakan tersebut bukanlah kacamata biasa untuk gaya-gayaan.

Kacamata tersebut merupakan salah satu alat canggih yang digunakan pengawal presiden. Di kacamata tersebut terpasang sebuah kamera video mini beresolusi tinggi yang akan memantau langsung kondisi sekitar dan secara live akan dikirim ke pusat komando pengawal presiden.

Dari data yang terkirim tersebut, akan dipantau dan dipindai wajah-wajah yang terekam untuk mengetahui orang-orang mencurigakan yang bisa saja akan menyerang presiden.

3. Piranti Anti-Peluru

Musuh presiden bisa saja menyamar dalam kerumunan saat presiden berkunjung ke suatu tempat. Sehingga bisa saja pengawal presiden sulit mengidentifikasi lawan.

Maka,  biasanya, para pengawal presiden dilengkapi dengan satu set kevlar atau bahan anti-peluru. Dari mulai setelan celana, baju, sarung tangan dan topi, semuanya anti-peluru. 

Tak hanya itu. Setelah satu set kevlar tersebut, pengawal presiden juga dilengkapi senjata yang memiliki lampu penerangan yang terangnya melebihi lampu sebuah mobil BMW.

Dan ketika musuh saat ditembak tidak mempan, pasukan pengawal presiden bisa melemparkan sebuah granat kejut yang akan membutakan dan membuat tuli para penyerang.

4. F16 Fighter Jet