Delapan Letusan Gunung Terdahsyat Sepanjang Sejarah yang Terekam Alat Pengukur

Ilustrasi letusan gunung terdasyat (daftar5)
Ilustrasi letusan gunung terdasyat (daftar5)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Letusan gunung berapi merupakan salah satu bencana yang memiliki dampak dahsyat. Di dunia, telah banyak sekali terjadi letusan gunung berapi. Bahkan yang berkategori super-dahsyat.

Dampak yang ditimbulkan pun bukan sebuah hal yang bisa dianggap enteng. Letusan super-dahsyat itu membawa bencana kebakaran hutan, kebakaran pemukiman, gempa bumi, tsunami besar, matinya hewan ternak dan tanaman pangan, sampai hilangnya ribuan nyawa manusia.

Bencana tsunami yang terjadi belum lama ini di Banten dan Lampung, misalnya, dipicu letusan Gunung Anak Krakatau yang melongsorkan material bawah laut. Akibatnya, muncul tsunami yang tak didahului dengan peringatan dini dan menewaskan ratusan korban jiwa.

Berbicara masalah gunung meletus,  sudah ribuan tahun lalu pernah terjadi letusan gunung yang begitu dahsyat. Namun tak semuanya terekam oleh manusia.

Para ilmuwan sendiri merekam kejadian letusan gunung terdahsyat dengan menggunakan sebuah alat bernama volcanic explosivity index (VEI) dengan rentang skala satu sampai delapan. Setiap peningkatan satu tingkat, kekuatan letusan terjadi 10 kali lipat daripada sebelumnya.

Inilah daftar letusan gunung terdahsyat sepanjang sejarah di muka bumi yang terekam manusia pada era modern menurut channel Youtube Daftar5.

1. Gunung Santa Maria, Guatemala

Gunung berapi aktif yang terletak di Guatemala, dekat dengan kota  Quetzaltenango. Letusan gunung ini pada tahun 1902 dengan VEI skala 6. Sebelum meletus, gunung berapi aktif ini sebelumnya telah tertidur selama 500 tahun lamanya.

Letusan tahun 1902 itu merupakan  satu dari tiga letusan gunung terbesar pada abad ke-20 setelah Gunung Pelee di Martinique dan Soufriere di St Vincent. Letusan Gunung Santa Maria ini juga menimbulkan kawah besar  1,5 kilometer di seberangnya.

Gunung dengan ketinggian 3.372 mdpl (meter di atas permukaan laut) ini kembali meletus pada tahun 1922 dengan VEI skala tiga. Dan pada tahun 1929, gunung ini memuntahkan gas panas dan bebatuan yang menewaskan sekitar 5.000 jiwa.

2. Gunung Laki, Islandia

Letusan yang terjadi pada tahun 1783  tersebut dengan skala tujuh telah menyebabkan 9.000 korban jiwa tewas. Banyaknya korban jiwa akibat terkena awan panas maupun material letusan.

Bukan hanya karena letusannya saja yang mengeluarkan 120 juta ton gas. Namun efek setelah letusan yang berkepanjangan hingga berbulan-bulan membuat banyak orang kelaparan. Kelaparan terjadi akibat abu gunung ini yang menutupi segala macam tanaman pangan hingga akhirnya gagal panen.

3. Gunung Unzen, Jepang

Gunung yang berada di Kota Simabara ini pernah meletus dengan dasyat pada tahun 1792. Letusan gunung tersebut bahkan memiliki kekuatan VEI 7,5 hingga membuat gelombang tsunami besar dan menewaskan 16 ribu nyawa.

Gunung berapi yang memiliki tinggi 1.500 meter tersebut juga sempat membuat pergeseran tanah. Akibat erupsinya masih bisa dilihat hingga sekarang.

4. Gunung Nevada Del Ruiz, Kolumbia