Kitab Iblis dan 7 Penemuan Misterius Lainnya yang Belum Terpecahkan

Kitab Iblis Codex Gigas (foto istimewa)
Kitab Iblis Codex Gigas (foto istimewa)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Banyak sekali misteri yang ada di dunia ini. Banyak pula penemuan yang belum bisa dipecahkan oleh peneliti dan ilmuwan yang berasal dari peninggalan dari berbagai peradaban. 

Saat ini, masih banyak arkeolog yang terus mencari dan meneliti peninggalan tak ternilai dari masa lalu itu. Sebab, dari sekian banyak penemuan, banyak pula yang masih meninggalkan banyak misteri. 

Berikut 8 daftar penemuan misterius dari masa lalu yang belum terpecahkan oleh para peneliti.

1. Maine Penny
Seperti yang kita ketahui selama ini, Christopher Columbus dikenal sebagai penemu daratan Amerika. Akan tetapi percayakah kamu kalau nyatanya Colombus bukan orang pertama yang menginjakkan kaki di benua itu? 

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya Maine Penny. Maine Penny adalah koin yang digunakan bangsa Viking. Jadi, bangsa Viking telah menginjakkan tanah Amerika sebelum orang Eropa.

Maine Penny ditemukan oleh arkeolog yang bernama Guy Mellgren pada tahun 1957. Pada tahun 1978, seorang yang ahli dalam bidang koin menyatakan bahwa koin tersebut asli. Meskipun demikian, begitu banyak peneliti mengatakan koin ini adalah tipuan dikarenakan kurangnya bukti dan tidak adanya rekaman arkeologi tentang bangsa Viking yang mendaratkan kaki di Amerika.

2. Roman Dodecahedron
Roman Dodecahedron adalah benda yang berongga yang terbuat dari batu atau perunggu. Benda ini memiliki 12 sisi datar yang berlubang. Kemudian di tiap sudutnya memiliki bulatan kecil. Benda ini sudah ditemukan sejak 200 tahun yang lalu.
Meskipun sudah ditemukan, sejak dulu para ilmuwan masih tidak tahu asal dan fungsi dari benda ini.

Ada beberapa teori yang masih mengambang tentang benda ini. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa benda ini adalah instrumen pengukuran astronomi yang digunakan untuk perkembangan pertanian. Namun, ada beberapa ilmuwan yang mengatakan bahwa benda ini merupakan bentuk kepercayaan. Hanya satu hal yang sudah pasti di ketahui, yaitu benda ini merupakan barang berharga karena Roman Dodecahedron ditemukan di antara barang-barang berharga lainnya.

3. Voynich Manuscript
Voynich Manuscript adalah buku yang ditemukan pada tahun 1912 yang merupakan salah satu buku yang berasal dari abad ke-15. buku ini memiliki tulisan tangan dengan bahasa yang tidak pernah diketahui. Tidak hanya itu. Buku ini penuh dengan kode gambar tanaman asing hingga benda aneh yang tidak pernah diketahui umat manusia.

Sebagian besar peneliti menganggap tulisan dalam buku tersebut adalah hasil dari lelucon masyarakat abad ke-15. Namun, masih ada orang yang terus meneliti buku ini dengan harapan mereka menemukan sebuah pengetahuan baru untuk umat manusia.

4. Dead Sea Scrolls
Dead Sea Scrolls atau Gulungan Laut Mati
adalah salah satu penemuan terpenting dalam sejarah. Gulungan ini ditemukan di dalam gua-gua yang terdapat di dekat laut mati. Bertahun-tahun arkeolog dan peneliti menjelajahi gua-gua ini. Dalam gulungan itu, banyak ditemukan tulisan dalam bahasa Ibrani.

Gulungan ini diperkirakan berasal dari 150 tahun sebelum Nasehi hingga 70 tahun setelah Masehi. Teori mengatakan gulungan ini dibuat oleh bangsa Yahudi pada tahun 70 setelah Masehi. Sebagian besar teks-teks tersebut ditulis dalam bahasa Ibrani, dengan beberapa dalam bahasa Aram, dan ada sedikit yang ditulis dalam bahasa Yunani Koine.

5. Wow Signal!
Nama Wow Signal berasal dari sebuah transkrip sinyal asing yang ditangkap. Sinyal radio ini ditangkap oleh teleskop radio Big Ear di Ohio State University pada malam hari di tanggal 15 Agustus 1977. Sinyal-sinyal itu berlangsung keras selama 72 detik pada frekuensi 1420 megahertz yang  merupakan frekuensi pancaran gelombang gas hidrogen netral di ruang angkasa.

Sinyal itu terjadi hanya pada saat malam itu saja. Sehingga peneliti dibuat kebingungan dengan sinyal yang hanya muncul 1 kali dalam seumur hidup ini. Para peneliti memperkirakan bahwa sinyal ini berasal dari komet yang tidak sengaja melintas di dekat planet bumi. Namun hal ini masih menjadi sebuah perdebatan.

6. Baltic Sea Anomaly
 

Baltic Sea Anomaly ditemukan oleh Peter Lindberg dan timnya pada tahun 2012. Lindberg sendiri merupakan seorang penjelajah asal Swedia. Penemuan ini berhasil membuat ilmuwan kebingungan tentang asal dan fungsi benda ini. Banyak yang berspekulasi bahwa benda ini merupakan potongan dari UFO. Hingga saat ini, belum ada yang tahu asal benda ini.

7. Patung Moai
Sebagian besar orang pernah mendengar Pulau Paskah. Penemuan keberadaan pulau ini langsung menyita perhatian publik karena adanya Patung Moai berukuran raksasa yang bertebaran di sepanjang garis pantai Pulau Paskah. 

Diperkirakan ada ribuan misteri yang tersimpan di seputar patung-patung Moai di Pulau Paskah. Banyak orang mempertanyakan bagaimana cara membuat patung ini, menggerakkannya, dan menguburnya.

Patung Moai diperkirakan dibuat pada tahun 1600 hingga 1730. Tentunya belum ada teknologi yang mumpuni untuk memindahkan benda berukuran raksasa kala itu. Tidak sedikit orang berspekulasi bahwa Patung Moai ada karena adanya campur tangan makhluk asing atau alien.

8. Kitab Iblis "Codex Gigas"
Codex Gigas atau dalam bahasa Inggris-nya yaitu giant book adalah manuskrip terbesar dari abad pertengahan. Codex dikenal sebagai kitab suci setan. Hal ini dikarenakan terdapat ilustrasi yang diyakini bergambar setan dan legenda penciptaan setan. Codex Gigas diperkirakan dibuat pada awal abad ke-13 di biara Podlažice, Bohemia (kini Republik Ceko). Pada manuskrip ini terdapat Kitab Suci Vulgata dan juga dokumen-dokumen historis yang ditulis dalam bahasa Latin. 

Manuskrip kuno terbesar di dunia dan dipercaya sebagai kitab iblis. Kitab ini memiliki tinggi 92 cm, lebar 50 cm, dan tebal 22 cm. Beratnya pun sekitar 74,8 kilogram. Diperkirakan perlu lebih dari 160 hewan untuk membuatnya. Manuskrip itu memiliki 620 halaman dan dibungkus dengan folder kayu berbalut kulit dengan hiasan logam. Perlu dua orang dewasa untuk mengangkatnya. Tapi bukan ukurannya yang membuat setiap orang tercengang, melainkan karena isinya. Kitab ini disebut sebagai kitab iblis karena adanya ilustrasi iblis yang besar di dalamnya dan kisah bagaimana tercipta dirinya.

Menurut legenda, penulis Codex adalah seorang pendeta yang melanggar aturan gereja dan dihukum mati dengan cara diikat di dinding dalam posisi berdiri seumur hidup. Pendeta ini kemudian memohon ampun dari penghukuman yang luar biasa kejam itu. Sebagai gantinya, ia berjanji untuk membuat sebuah buku yang akan memuliakan biara dan pengetahuan umat manusia selamanya. Dia berjanji akan menyelesaikan buku itu hanya dalam satu malam.

Menjelang tengah malam, pendeta itu menjadi ragu apakah ia dapat menyelesaikannya sendiri. Kemudian ia menjual jiwanya kepada iblis demi sebuah pertolongan. Iblis kemudian menyelesaikan manuskrip tersebut. Sebagai penghormatan kepada iblis yang membantunya, pendeta itu menambahkan gambar iblis dalam codex tersebut. (*)

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top