Dua Ribu Lebih Pemilih Pemula di Banyuwangi Terancam Tidak Bisa Salurkan Hak Pilih

Sosialisasi yang dilaksanakan Bawaslu Banyuwangi di sebuah hotel Rabu pagi
Sosialisasi yang dilaksanakan Bawaslu Banyuwangi di sebuah hotel Rabu pagi

BANYUWANGITIMES – Sekitar 2 ribuan pemilih pemula di Banyuwangi terancam tidak bisa mengikuti Pemilu 2019. Sebab saat ini mereka belum memiliki E-KTP. Sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, salah satu syarat untuk bisa menyalurkan suaranya harus sudah memiliki E-KTP.

Keterangan Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim, dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) terdapat lebih dari 2 ribu pemilih pemula yang tidak memiliki E-KTP. Ribuan pemilih pemula ini, menurut Hamim, hanya memiliki Surat Keterangan pengganti KTP. “Kami harapkan hingga Januari ini Dispenduk Capil sudah menyelesaikan E-KTP,” ujarnya Rabu (19/12/18) siang.

Jika hingga pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019 nanti mereka belum memiliki E-KTP, maka ribuan pemilih pemula itu dipastikan tidak bisa memberikan hak suaranya. Jadi dia meminta masyarakat Banyuwangi yang sudah berumur 17 untuk segera mengurus E-KTP. “Karena persayaratan untuk menjadi pemilih pada pemilu 2019 selain masuk DPT harus juga memiliki E-KTP,” tegasnya.

Dia berharap Dispenduk dapat membuktikan komitmennya untuk segera menyelesaikan E-KTP. Dalam Rakornas Bawaslu di Jakarta beberapa waktu lalu, kata Dia, Mendagri juga berkomitmen untuk menyelesaikan perekaman E-KTP.

Pemilih pemula saat ini memang menjadi salah satu perhatian Bawaslu Banyuwangi. Dalam sosialisasi hasil pengawasan data pemilih dan kampanye yang dilakukan di sebuah Hotel di Jl. Raya Jember Bawaslu juga mengundang pemilih pemula baik itu dari kalangan pelajar maupun mahasiswa. Sosialisai itu juga diikuti jurnalis dan juga perwakilan partai Politik.

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top