Antisipasi Luapan Air Banjir, Sungai Gonggo Dinormalisasi

Kades Sumberagung Vivin Agustin memantau langsung proses normalisasi Sungai Gonggo akibat dipenuhi sampah.
Kades Sumberagung Vivin Agustin memantau langsung proses normalisasi Sungai Gonggo akibat dipenuhi sampah.

BANYUWANGITIMES – Tujuh unit alat berat diterjunkan untuk membersihkan Sungai Gonggo di wilayah Dusun Silirbaru, Desa Sumberagung. Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Tindakan ini harus dilakukan membuat sumbatan sampah tersebut sering membuat banjir.

Sampai hari ini, Jumat (7/12/18), tumpukan sampah di sepanjang aliran Sungai Gonggo ini terus dikeruk. Kondisi tersebut sebagaimana keterangan Kepala Desa Sumberagung Vivin Agustin, untuk mengantisipasi luapan air sungai. Salah satu solusinya dengan mengeruk sampah yang menumpuk di aliran sungai tersebut. Selain itu, Sungai Gonggo juga diperdalam (normalisasi) agar dapat menampung debit air yang lebih banyak lagi.

"Selain sampah, juga kita lakukan pengerukan aliran sungai ini untuk antisipasi jika turun hujan dan banjir lagi,” ujarnya.

Sampah yang menumpuk di sungai itu, papar Kades Vivin, sudah terbentuk lama. Dan hal itu tidak mungkin dibersihkan dengan cara manual. Untuk mengeruk sampah yang membendung aliran sungai itu, pihaknya pun mengerahkan tujuh unit eskavator. “Kita gunakan eskavator milik PT BSI,” ungkapnya.

Tumpukan sampah di Sungai Gonggo itu, jelas dia, terbentuk karena arus deras yang membawa berbagai material dari hulu. Kemudian, menyangkut dan menumpuk di pondasi jembatan. Dan itu membuat aliran sungai tidak lancar dan meluap ke pemukiman warga dan persawahan. “Ini jelas mengkhawatirkan, karena sumbatannya yang sedemikian parahnya,” terangnya.

Sungai Gonggo yang dipenuhi sampah itu, tambah Kades Vivin, sebenarnya sudah terjadi sejak dua tahun lalu. Sebelumnya, pernah akan dilakukan pengerukan, namun gagal karena tidak ada jalan yang bisa dilewati alat berat.

“Karena sekarang akses jalannya bisa dilalui alat berat, maka baru bisa kita lakukan pengerukan,” lontarnya. (*)

Pewarta : Hakim Said
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top