Tertangkap di Malang, Pria Asal Surabaya Jual Dua Bayi Lutung Jawa di Medsos

Anakan Lutung Jawa yang berhasil diamankan BKSDA Jawa Timur di Malang. (Foto: BKSDA Jatim for MalangTIMES)
Anakan Lutung Jawa yang berhasil diamankan BKSDA Jawa Timur di Malang. (Foto: BKSDA Jatim for MalangTIMES)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Aksi Farid K Santoso dalam memperjualbelikan satwa langka berhasil dihentikan di Malang. Pria kelahiran Surabaya itu, kedapatan membawa dua bayi atau anakan Lutung Jawa yang sebelumnya dia jual melalui media sosial (medsos) miliknya. 
 

Farid berhasil diringkus oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur di Terminal Arjosari, Kota Malang pada Rabu (28/11 2018) sekitar pukul 22.30 WIB. Pria yang beralamatkan di Jalan Widas, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang itu menjual anakan Lutung Jawa seharga Rp 550 ribu per ekor. 
 

"Kami berhasil mengamankan dua ekor Lutung Jawa masih anakan bersama pembawanya atau penjual," ujar Kepala BKSDA Jawa Timur Nandang Pribadi. Menurut Nanang, satwa yang memiliki nama latin Trachypithecus auratus tersebut dijual secara bebas di media sosial milik Farid.
 

Nanang menguraikan, penawaran primata berambut hitam legam itu terendus oleh petugas. Petugas lantas melakukan identifikasi, lantas menjalin komunikasi dengan pelaku. "Ditawarkan di medsos (media sosial) oleh tersangka. Petugas kami masuk ke sana dan seolah akan membeli," terangnya.
 

Setelah ada kesepakatan harga antara pelaku dan calon pembeli, petugas pun kemudian membuat janji untuk bertemu di terminal. Selanjutnya, tersangka pun dibekuk bersama dengan barang bukti. Saat diamankan, kedua lutung itu ditempatkan di dalam kontainer plastik berwarna putih dan di dalamnya diberi selendang serta sayur. 
 

Farid pun lantas ditangkap dan langsung diserahkan pada pihak kepolisian. "Saat ini semua barang bukti dan tersangka, kami serahkan ke Polresta Malang untuk selanjutnya proses penyidikan," terangnya.
 

Sementara itu, untuk kedua anak lutung anakan tersebut saat ini sudah dititipkan di Javan Langur Center (JLC) di Kota Batu. Melihat hal ini, pihaknya berharap agar masyarakat memastikan bahwa satwa yang dimiliki bukan satwa dilindungi atau yang terlarang untuk dipelihara. "Silakan menghubungi call centre BKSDA Jatim (082232115200) untuk memastikannya," imbaunya.
 

Sebagai informasi, Lutung Jawa merupakan salah satu jenis lutung asli (endemik) Indonesia. Sebagaimana spesies lutung lainnya, lutung jawa yang bisa disebut juga lutung budeng mempunyai ukuran tubuh yang kecil, sekitar 55 centimeter, dengan ekor yang panjangnya mencapai 80 centimeter.

 

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : A Yahya
Publisher : Yogi Iqbal
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top