Ingin Meringankan Warga, Dokter Ini Buka Klinik Berbasis Sodakoh

Situasi saat bhakti sosial donor darah sekaligus peresmian KDS
Situasi saat bhakti sosial donor darah sekaligus peresmian KDS

BANYUWANGITIMES – Relawan Forum Medis dan Aksi Kemanusiaan (Forum-MeDAN) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi menggelar bhakti sosial donor darah. Bertempat di Klinik Pratama dr. Didik Sulasmono (KDS), Jl. Ali Sakti No.06 Dusun Sidorejo RT 01 RW 01 Desa Gitik Rogojampi Banyuwangi, dalam kegiatan sosial ini dirangkai dengan peresmian KDS, Jumat (16/11/18) pukul 07.00 – 11.00 WIB.

Kegiatan donor darah tersebut merupakan salah satu rangkaian peresmian klinik pratama dr. Didik Sulasmono yang dihadiri oleh puluhan masyarakat sekitar serta Sekber Media dan LSM Kabupaten Banyuwangi.
Peresmian klinik ditandai secara simbolis dengan pemotongan nasi tumpeng.

Dr. Didik Sulasmono mengatakan, pihaknya secara pribadi membangun klinik pratama ini sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan pemerataan layanan kesehatan. Selain itu, sebagai bentuk komitmen pribadi yang ingin memaksimalkan kontribusi di bidang kesehatan.

“Kami berharap dengan didirikannya KDS ini bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi, dan juga mendorong lancarnya program BPJS kesehatan,” ujarnya ditemui di sela kegiatan.

KDS sendiri memiliki pelayanan dokter umum, dokter gigi, poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), pemeriksaan ibu hamil dan KB, terapi tumbuh kembang anak-anak yang berkebutuhan khusus dengan pendampingan psikologi serta konsultasi psikologis anak. KDS ini dilengkapi dengan laboratorium juga melayani operasi kecil seperti khitan dan operasi tumor kecil jinak.

Yang lebih khusus lagi adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap hari Selasa, yang diberi nama “Selasa Peduli”. Yaitu kegiatan sosial Pelayanan Gratis khususnya buat kaum duafa dan bagi orang-orang yang mampu disediakan kaleng infaq untuk berbagi kesesama.

KDS juga melakukan Bakti Sosial (Baksos) pengobatan gratis untuk masyarakat atau instansi sesuai permintaan masyarakat atau instansi yang membutuhkan. "Untuk kegiatan donor darah ini akan kita laksanakan minimal 2 bulan sekali, " pungkas dr. Didik. 

Kegiatan ini juga diikuti beberapa awak media yang sekaligus juga turut mendonorkan darahnya, Relawan Forum-MeDAN dan Kades Gitik Hamzah beserta perangkatnya. 

Kepada media ini, Kades Hamzah mengakui kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam pelayanan kesehatan yang lebih bagus. “Ini harus diapresiasi. Karena kegiatan semacam ini benar-benar bermanfaat dan untuk membantu sesama yang pasti membutuhkan. Sesuai motto PMI, setetes darah untuk satu nyawa,” lontarnya.

Pewarta : Hakim Said
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top