Komunitas Rumah Baca Aksara Sutri Sobo Rangsang Minat Baca Anak Lewat Bermain

Suasana saat puluhan siswa siswi PAUD, SD dan MI mengikuti arena bermain dan membaca KRBA di RTH Perum Sutri Sobo Banyuwangi
Suasana saat puluhan siswa siswi PAUD, SD dan MI mengikuti arena bermain dan membaca KRBA di RTH Perum Sutri Sobo Banyuwangi

BANYUWANGITIMES – Minat baca dan literasi masyarakat dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi persoalan yang harus ditangani dengan serius. Pemerintah pun melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencanangkan Gerakan Literasi Nasional (GLN). 

Geliat literasi di berbagai daerah langsung terasa dan banyak bermunculan. Malahan, ada beberapa daerah yang mengikrarkan diri sebagai provinsi, kabupaten, atau kota literasi. Tak terkecuali di Kabupaten ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Lingkungan Perum Sutri Kelurahan Sobo Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi. Di kota yang berjuluk Sunrise of Java ini telah terbentuk Komunitas Rumah Baca Aksara (KRBA). 

Menurut Fitriyah Qotrunnada (23) selaku ketua KRBA, awal dari terbentuknya literasi ini berangkat dari sebuah komunitas kecil rumah baca aksara di tingkat RT, lalu pada gilirannya eksis di skala lebih besar di Lingkungan Perum Sutri Sobo Banyuwangi.

Fiya, panggilan akrab mahisiswi IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi ini mengaku tidak sendirian mendirikan KRBA. Perempuan berkacamata minus ini mengaku dibantu beberapa relawan lain yang juga sama sama berstatus mahasiswa. 

"Ada mas Edho, mahasiswa Untag Banyuwangi, mbak Anis mahasiswi Uniba, mas Firdaus mahasiswa UIN Jogjakarta, mbak Nita mahasiswi Untag Banyuwangi dan mas Dimas mahasiswa Uniba yang juga ketua Karang Taruna di Kelurahan Sobo Banyuwangi," bebernya. 

Pantauan media ini, upaya KRBA untuk merangsang daya literasi tersebut ditempatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Perum Sutri Sobo. Kegiatan dimulai sejak pukul 06.30 - 09.00 WIB pada Minggu (28/10/18), dengan hal-hal sederhana. Di antaranya dengan melakukan permainan bersama kurang lebih 30 anak terdiri dari siswa siswi PAUD, TK dan SD/MI yang dipandu Edho. 

"Kegiatan ‘bermain membaca’ kita kemas dan kita tata agar anak-anak bisa mengembangkan kemampuan membacanya tanpa mengubah jiwa bermain mereka. Untuk memunculkan kreativitas, mereka kita arahkan bisa saling bantu, berdiskusi, dan mengajukan pertanyaan. Ini untuk melatih sikap kerja sama anak-anak," tutur Edho.

Fiya menambahkan, kegiatan yang digelar itu bertujuan supaya anak-anak bisa mengekspresikan kemampuannya. "Di arena ini, kita ingin agar anak-anak merasa dihargai dan diberikan tempatnya bermain yang tujuan utama sebenarnya adalah menggugah minat baca," lontarnya.

 

Pewarta : Hakim Said
Editor : A Yahya
Publisher : Yogi Iqbal
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top