Era Revolusi Industri 4.0, Sudah Waktunya Kuliah dari Rumah atau Tempat Kerja

Dirjen Sumber Daya Iptek Kemenristek Dikti Prof Dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)
Dirjen Sumber Daya Iptek Kemenristek Dikti Prof Dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Merespons adanya perkembangan revolusi industri 4.0, segala aspek kehidupan kampus juga harus berevolusi. Kalau dulunya mahasiswa kuliah di kelas, kini perkuliahan bisa dilakukan secara jarak jauh dengan menerapkan teknologi komunikasi dan informasi (TIK). Jadi, mahasiswa bisa kuliah dari rumah atau sambil bekerja.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Sumber Daya Iptek Kemenristek Dikti Prof Dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD. "Sistem berubah. Seperti smart classroom contohnya. Nah nanti mahasiswa itu bisa kuliah itu dari rumah saja atau sambil bekerja," ujarnya saat ditemui di gedung FIA UB Malang beberapa waktu lalu.

Perlu diingat bahwa kuliah virtual ini bukan berarti tidak bisa meningkatkan skill. Ali Ghufron menegaskan bahwa pembelajaran ini betul-betul masih tetap meningkatkan skill. Maka dari itu, pemanfaatan IT pada beberapa situasi tidak sepenuhnya dilakukan. Istilahnya masih blended learning. "Jadi, mahasiswa sesekali datanglah ke kampus bertemu dosennya. Mereka juga masih ke lab," ujarnya.

Penggunaan sistem ini diharapkan akan bisa menaikkan angka partisipasi kasar (APK) di perguruan tinggi. Untuk diketahui, saat ini APK perguruan tinggi adalah 31,6 persen. Artinya, hanya 31,6 persen usia produktif yang kuliah.

"Nah dengan sistem ini, kami harapkan bisa sampai 50-60 persen yang usia kuliah itu kuliah. Kuliahnya ke mana? Ya sambil bekerja di rumah, tapi kompetensinya tidak kalah dengan yang konvensional datang di kampus," papar Ali Ghufron.

Saat ini, contoh kampus yang sudah menerapkan kuliah virtual ini adalah Universitas Terbuka (UT) dengan jumlah mahasiswa 250 ribu lebih. (*)

 

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top