Belasan Daerah Ini Ubah Sawah Jadi Objek Wisata, Kabupaten Malang Miliki Yang Terindah

screenshot video Sawah destinasi wisata ini berada di Desa Pujon Kidul (youtube)
screenshot video Sawah destinasi wisata ini berada di Desa Pujon Kidul (youtube)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Bagi semua orang, fungsi sawah sesungguhnya adalah untuk petani bercocok tanam. Namun kini, sawah dapat disulap menjadi destinasi wisata yang mampu meraup keuntungan besar. 

Berikut MalangTIMES menghadirkan 11 sawah di berbagai daerah di Indonesia yang disulap menjadi destinasi wisata. 

1. Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) Songgo Langit ;

Sawah ini terletak di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlinggo, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogjakarta. Di area sawah berukuran 3,6 hektare tersebut, pengunjung dimanjakan dengan jembatan bambu yang dapat digunakan untuk ber-swafoto. Tak hanya itu. Pengelola juga menyediakan gardu pandang agar pengunjung dapat menikmati hamparan sawah hijau yang luas. 

https://youtu.be/9fyLWd3Jz9M

2. Terasiring Sawah Tegalalang ;

Sawah ini terletak di Dusun Ceking, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Di situ, jika Anda berkunjung, sudah dipastikan dapat menikmati hamparan sawah berundak yang menyejukkan mata. Pengunjung juga dapat menikmati sunset (matahari terbenam) pada sore hari. 

Selain itu, di sepanjang jalan raya terdapat toko yang memajang aneka kerajinan patung kayu untuk suvenir. Di situ pengunjung dapat menemukan patung kayu dari besi yang berbentuk seperti jerapah, kucing, lumba-lumba, topeng kayu, ukiran kayu, dan ukiran batu padas. 

https://youtu.be/-Sr-zX89FMw

3. Wisata Sawah Desa Pujon Kidul ;

Sawah destinasi wisata ini berada di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Suhu udara yang mencapai 15 derajat celsius menambah kesejukan pengunjung ketika berada di sana. Dengan konsep wisata agro, Desa Pujon Kidul sangat diminati pelancong lokal maupun mancanegara. 

Di sana terdapat fasilitas seperti persewaan sepeda KTV, kebun sayur yang dapat dikelilingi wisatawan dan juga Kafe Sawah sebagai ikon wisata. Pengunjung tak perlu khawatir dengan keindahan hamparan sawah Desa Pujon Kidul. Apalagi, kawasan sawah ini dikelilingi gunung menghijau. Ada taman dan sejumlah lokasi nan bagus untuk difoto.  

https://youtu.be/46FygmVFgOg

4. Argopuro Garden ;

Destinasi ini terletak di Desa Patemon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Wisata berbasis alam pedesaan tersebut sangat memanjakan pengunjung karena memiliki beberapa spot dengan bentuk love atau waru. Banyak tanaman dan pohon yang cukup rindang membuat Argopuro Garden sangat sejuk untuk dikunjungi.

 https://youtu.be/cNUP56tTlfc

5. Sawah Art Village ;

Tempatnya di Dusun Bleber Lor, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Provinsi DI Yogjakarta. Di situ, pengunjung dapat menikmati kreatifnya pengelola dalam membentuk sawah yang bergambar tiga bebek. Konsep tersebut mengadopsi sebuah desa di Jepang yang terletak di utara Provinsi Aomori. 

Pengelola juga menyediakan gubuk pandang agar pengunjung dapat menikmati lukisan indah yang berbahan ribuan tunas padi yang berbeda warna, yakni warna ungu dan hijau. 

https://youtu.be/jz_SEaWZeVE

6. Agro Sawah Solok;

Kawasan ini terletak di jalur utama lintas Sumatera atau Jalan Hamka, Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat. Di sana terdapat hamparan sawah yang juga ditanami bibit ikan. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. 

https://youtu.be/5uVzF54UYwU

7. Desa Wisata Taman Edukasi Desa Banjarsari;

Lakasinya masuk Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di sana terdapat sawah yang disulap menjadi taman. Selama 3 bulan pengelola menjadikan sawah di daerahnya menjadi wisata yang kini menjadi idola di daerah Jombang. 

Pengelola juga mengubah tanaman menjadi bentuk gambar love, tulisan dan lainnya. Warga sekitar juga pengunjung sangat dimanjakan dengan keindahan sawah yang dirubah sedemikian rupa. 

https://youtu.be/NKcWSy-E7os

8. Wisata Tengah Sawah (Wates);

Letaknya di daerah Somawangi, Mandiraja, Banjarnegara, Jawa Tengah. Wates menyediakan gubuk pandang berbentuk menara untuk wisatawan yang menikmati hamparan sawah nan hijau. Selain itu, jembatan bambu menambah keindahan wisata tersebut untuk berswafoto. 

https://youtu.be/WtNwO316uwk

9. Wisata Umo Teluk;

Destinasi ini menyajikan hamparan sawah di dekat Candi Muaro Jambi. Sawah tersebut terlihat cukup indah karena dapat digunakan untuk memancing. 

Umo Teluk yang terletak di Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, ini menjadi ikon idaman baru bagi masyarakat Jambi dan sekitarnya. Di sana wisatawan termanjakan oleh hamparan sawah nan hijau dengan desain cukup menarik. 

Ada orang-orangan sawah yang dibentuk berbagai macan model, pohon yang dibentuk unik dan banyak tempat bermain untuk anak-anak. 

https://youtu.be/ET9OIrGf-C4

10. Desa Wisata Melung ;

Berada di Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah, kawasan ini memiliki sawah dengan bentuk terasiring dan banyak batu alam di dalamnya. 

Keindahan sawah tersebut semakin mengasyikkan karena berada di lereng Gunung Slamet. Selain itu, pengunjung bisa diajak untuk menanam pohon di sekitar lokasi wisata sebagai bagian dari eduwisata. 

https://youtu.be/AIeP4PgV1ec

11. Desa Seribu Gazebo ;

Kawasan ini terletak di Desa Kemetul, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di sana, pengelola desa setempat mengusung ikon 1.000 gazebo dengan menyuguhkan pemandangan hamparan sawah yang memanjakan mata. 

https://youtu.be/tBHOVVrXZ_o

 

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top