Ada Tiga Fase Peminum Kopi, Anda Nomor Berapa?

BANYUWANGITIMES, MALANG – Menikmati kopi kini tak lagi sekadar menjadi penambah semangat. Seiring berjalannya waktu, minum kopi kini menjadi gaya hidup tersendiri bagi kalangan tertentu. Karena itu, jumlah kedai kopi di berbagai penjuru, termasuk di kota Malang, semakin menjamur.  

Namun, tahukah Anda bahwa penikmat kopi terbagi atas tiga fase. Menurut Managing Director PT Santos Jaya Abadi -yang menaungi brand kopi Kapal Api- Paulus Nugroho, tiga fase tersebut disebut first wave coffee, second wave coffee, dan third wave coffee.  First wave coffee merupakan fase kopi untuk dikonsumsi. Dalam fase ini, konsumen biasanya butuh mengonsumsi kopi yang cepat. Kopi sachet atau kopi instan merupakan contoh kopi dalam fase ini.

Yang kedua yaitu second wave coffee. Dalam fase ini, kopi adalah untuk dinikmati. “Yang memulai Second Wave Coffee ini adalah brand besar Starbucks,” ujar Paulus dalam Campus Talk bertajuk "Social Enterprise" di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (20/9/2018).
Menurut dia, menikmati kopi di second wave menjadi gaya hidup tersendiri. Kopi dinikmati sekaligus nongkrong dan bersosialisasi. Di fase ini, kopi dicampur dengan creamer, susu, dan campuran lain. 

Lain lagi dengan third wave coffee. Di fase ini, peminum kopi menganggap kopi sebagai karya seni yang patut diapresiasi.  Kopi dibuat dengan mementingkan kualitasnya. Di sini kopi diapresiasi oleh penikmatnya layaknya wine (anggur). Peminum kopi bahkan tertarik mengetahui dari mana asal kopinya, bagaimana ditanamnya, memanennya, hingga bagaimana kopi tersebut diseduh.

Tetapi, tetap saja kopi yang baik adalah kopi yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila butuh yang instan, maka fase first wave bagus. Apabila dibutuhkan untuk bersosialisasi, maka second wave jadi pilihan. Sedangkan untuk diapresiasi sebagai karya seni, masuklah ke fase third wave. Jadi, saat ini ada di fase manakah Anda sebagai peminum kopi? (*)

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top