Journalist Camp 2018 Dinas Pendidikan Kota Malang dan MalangTIMES (4)

Siswa SMP di Malang: Kalau Saya Jadi Jurnalis, Berita Apa yang Harus Saya Tulis? 

Kegiatan Journalist Camp 2018 yang digelar Dinas Pendidikan Kota Malang bersama media online MalangTIMES (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Kegiatan Journalist Camp 2018 yang digelar Dinas Pendidikan Kota Malang bersama media online MalangTIMES (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Siang itu, suasana kantor Dinas Pendidikan Kota Malang kawasan Jalan Veteran tidak seperti biasa. 60 siswa-siswi se Kota Malang menyimak materi penulisan berita dalam kegiatan bertajuk Journalist Camp 2018. 

Lovina, siswi SMPN 3 Malang, mengacungkan tangan. Gadis berhijab ini penasaran, berita apa yang harus ia tulis mengingat dia baru duduk di bangku SMP. "Untuk saya yang masih SMP, berita dengan genre apa yang harus saya tulis," tanyanya.

Kegiatan Journalist Camp 2018 berisi materi mengenai jenis-jenis informasi berita. Dalam konsep jurnalistik, berita terbagi ke dalam sepuluh macam diantaranya adalah straight news, hard news, dan soft news. Straight news adalah berita yang ditulis secara ringkas tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan. Hard news ialah berita yang bersifat khusus atau mengenai peristiwa yang tidak disangka akan terjadi.

Sementara soft news merupakan bagian dari straight news bedanya soft news menyajikan berita yang sifatnya ringan. 

Materi tersebut disajikan oleh dua jurnalis MalangTIMES yakni Heryanto dan Sri Kurnia Maharuni. Heryanto yang juga menjabat Pemimpin Redaksi mengatakan bahwa berita yang harus ditulis siswa SMP disesuaikan dengan kepada siapa berita itu ditujukan.

"Berita yang ditulis disesuaikan kepada siapa teman-teman ingin berita itu dibaca. Atau dalam bahasa lainnya adalah segmentasi berita. Untuk bahasan berita bisa yang bersifat ringan atau soft news. Misalnya untuk adik-adik yang duduk di bangku SMP menuliskan soal dunia mode atau kegiatan belajar. Misalkan saja tips belajar," jelas pria yang mengambil magister di UIN Maliki Malang itu. 

Jurnalistik di era teknologi dikenal dengan istilah jurnalistik online. Generasi jurnalistik ini merupakan generasi ketiga setelah cetak dan elektronik. Lebih lanjut, kegiatan Journalist Camp 2018 yang merupakan kerjasama Dinas Pendidikan Kota Malang dan media online MalangTIMES juga menekankan bahwa era sekarang informasi tak terbatas pada tulisan. "Adik-adik nanti juga akan dijelaskan mengenai bagaimana menyajikan informasi melalui video," lanjut Hery.

Apa saja materi-materi jurnalistik di era milenial yang dihadirkan di Journalist Camp 2018? Simak ulasan menariknya pada tulisan selanjutnya. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top