Peneliti Seni Budaya Asal Hongaria Ajak Mahasiswa Cintai Budaya Lokal

Agnes Serfozo menerima kenang-kenangan dari Rektor Untag 1945 Banyuwangi Andang Subahariyanto
Agnes Serfozo menerima kenang-kenangan dari Rektor Untag 1945 Banyuwangi Andang Subahariyanto

BANYUWANGITIMES – Indonesia yang kaya akan budaya membuat banyak warga asing tertarik. Saking cintanya, tidak sedikit orang luar yang sengaja belajar atau bahkan melakukan penelitian budaya Indonesia. Salah satunya adalah Agnes Serfozo, perempuan asal Hongaria. Wanita ini sangat mencintai budaya Indonesia.

Salah satu seni yang dia suka adalah wayang. Menurutnya, wayang merupakan seni yang sangat indah dan lengkap. “Banyak seni lain di dalamnya (wayang), mulai tari, musik hingga sastra. Bahkan, ada ilmu politik dan etik dalam kisah pewayangan,” ungkapnya saat memberikan kuliah umum pada mahasiswa baru Untag 1945 Banyuwangi Sabtu (25/8/18) siang.

 

Bagi perempuan ini, Indonesia sangat kaya akan budaya yang tidak ada di Negara lain. Untuk itu menurutnya, warga Indonesia harus bangga dengan budaya sendiri. Selain wayang, perempuan yang akrab dipanggil AG ini juga mulai melirik budaya Using. Saat ini Dia sedang meneliti seni dan tradisi Seblang Bakungan.

 

Wanita yang saat ini sedang menempuh studi S2 jurusan Kajian Budaya ini berharap budaya Indonesia tak punah. Dia sangat menyayangkan mulai adanya pembiasan budaya. Selain praktisi pewayangan, AG juga suka dengan budaya Using. Bahkan, pihaknya sedang meneliti tradisi Seblang Bakungan. “Seblang itu salah satu tradisi paling kuno di Banyuwangi,” kata mahasiswi S2 Kajian Budaya tersebut.

 

Kecintaan Agnes Serfozo terhadap budaya Indonesia ini  menarik pihak Untag 1945 Banyuwangi untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru. Agnes Serfozo sengaja diundang untuk memberikan motivasi pada mahasiswa untuk mencintai dan melestarikan budaya. “Selama ini, kita melihat budaya dari perspektif kita sendiri sehingga terasa biasa. Kami mengundang Agnes ini untuk memberikan sudut pandang yang berbeda,” jelas Rektor Untag 1945 Banyuwangi Andang Subahariyanto.

 

Dengan melihat seni dan budaya dari perspektif orang lain, akan berbeda. Harapannya, muncul kecintaan mahasiswa dengan budaya lokal dan melestarikannya. Menurutnya, menghadirkan praktisi seni sekaligus peneliti budaya dari warga asing ini akan membantu pembangunan karakter mahasiswa. Untuk itulah Agnes Serfozo didapuk menjadi bagian kegiatan OPSPEK mahasiswa Untag dengan memberikan kuliah umum. “Untuk mendorong lebih maju lagi apa yang sudah kita miliki supaya ada inovasi harus ditemukan sudut pandang yang lain,” ujarnya.

 

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top