Kebakaran Landa Gudang Sepet PT SB di Rogojampi

Situasi saat pabrik sepet PT SB di Dusun Karangsari, Desa Kedaleman, Rogojampi, terbakar.
Situasi saat pabrik sepet PT SB di Dusun Karangsari, Desa Kedaleman, Rogojampi, terbakar.

BANYUWANGITIMESWarga Dusun Karangsari, Desa Kedaleman, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, sempat geger, Selasa (10/7/18) pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Gara garanya, gudang penyimpanan sepet (serabut kelapa) PT Sumber Baru (SB) milik Ami Santoso terbakar dan mengeluarkan asap tebal hitam yang membubung tinggi ke angkasa.

Kapolsek Rogojampi Kompol Suharyono membenarkan kejadian tersebut. Kata dia, pertama api diketahui oleh karyawan yang sedang bekerja menjemur sepet. Berikutnya diketahui pula, sumber titik api tersebut berasal dari gudang penyimpanan sepet di sisi sebelah barat.

Kroscek pun dilakukan ke titik sumber api tersebut. Didapati bahwa yang terbakar adalah gudang penyimpanan BBM solar untuk kendaraan loader yang berada di dalam gudang penyimpanan sepet. “Gudang penyimpanan BBM solar untuk kendaraan loader itu ternyata yang terbakar,” ujarnya.

Beberapa unit mobil pemadam kebakaran (damkar) milik PT SB tampak datang di lokasi untuk memadamkan  api yang membesar. Untungnya api bisa dipadamkan oleh para karyawan setempat menggunakan kendaraan pemadam milik PT SB.

“Api dapat dipadamkan dengan cepat. Sehingga tidak menjalar pada tumpukan sepet lainnya,” papar Kompol Suharyono lagi.

Kendati api dapat dipadamkan, namun semua sepet yang ada di masing-masing gudang tetap dikeluarkan menggunakan kendaraan loader untuk antisipasi terjadinya percikan-percikan sisa api yang memungkinkan memicu kebakaran berikutnya.

“Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban, hanya sepet saja yang terbakar sedikit. Api juga bisa dipadamkan oleh karyawannya sendiri,” tandas perwira dengan melati satu dipundak yang dikenal aktif bersinergi dengan semua kalangan ini.

Sementara pemilik pabrik sepet hingga kini belum bisa memberikan keterangan kepada media ini. Kabarnya, pabrik sepet tersebut sudah beberapa kali mengalami kebakaran. Tetapi selalu beruntung bisa teratasi dan tidak menimbulkan korban jiwa. (*) 

Pewarta : Hakim Said
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top