Mau Tahu Masakan Khas Suku Osing Banyuwangi? Yuk Ramaikan Festival Ayam Kesrut

Ini lah ayam kesrut khas Suku Osing Banyuwangi
Ini lah ayam kesrut khas Suku Osing Banyuwangi

BANYUWANGITIMES – Satu lagi event khas Banyuwangi bisa dijadikan agenda wisata. Namanya Ayam Kesrut. Event ini merupakan menyuguhkan sajian memasak ayam kesrut. Even yang masuk dalam agenda Banyuwangi Festival tersebut diselenggarakan mulai 12 sampai 15 April 2018 di Taman Blambangan. Seperti tahun-tahun sebelumnya,  panitia selalu mendatangkan chef nasional. Kali ini yang didatangkan adalah Farah Quinn. 

Kegiatan direncanakan berlangsung selama 4 hari itu akan diawali dengan lomba memasak ayam kesrut yang diikuti ibu-ibu. Namun sebelum lomba dimulai, semua peserta maupun undangan disuguhi kemahiran Farah Quinn dalam memasak. Farah Quinn akan mendemokan memasak ayam kesrut. 

Ayam kesrut merupakan masakan ayam khas warga osing. Daging ayam muda dimasak dengan kuah segar. Rasa gurih kaldu ayam berpadu dengan rasa pedas dan asamnya belimbing wuluh, membuat makanan ini terasa nikmat. Biasanya masakan ini dihidangkan panas-panas bersama nasi dan tempe tebal digoreng kering. 

"Festival Kuliner Banyuwangi menjadi salah satu cara kami untuk mempromosikan kuliner lokal agar semakin dikenal khalayak luas. Lewat festival ini kami ingin kuliner ayam kesrut bisa jadi primadona baru kuliner lokal, baik oleh penjual kuliner maupun wisatawan," harap Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. 

Selain kegiatan lomba memasak ayam kesrut, kegiatan tersebut juga diramaikan para pedagang berbagai makanan tradisional Banyuwangi. "Beragam makanan khas Banyuwangi bisa dinikmati di sekitar Taman Blambangan. Kami silahkan berlibur ke Banyuwangi pekan ini untuk menikmati makanan khas Banyuwangi. Wisatawan juga bisa mengintip produk kerajinan Banyuwangi," tambah Bupati Anas. 

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  Banyuwangi, R. Alief Kartiono menyatakan, masakan para peserta akan dinilai cita rasa, kreativitas dan higienitasnya. "Sebelum lomba, peserta akan menyaksikan demo masak ayam kesrut oleh chef Farah Quinn yang diundang khusus sebagai tamu kehormatan," ujar Alief. 

Sebelum even ayam kesrut telah digelar beragam even kuliner. Antara lain rujak soto, sego tempong, masi cawuk, dan pecel pitik. Event itu digelar dala rangkaian Festival Banyuwangi Kuliner (Bakul) tahun 2018. 

Pewarta : Hakim Said
Editor : A Yahya
Publisher : zaldi deo
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top