Mulai Besok Kawah Ijen Dibuka Kembali Untuk Wisatawan

Ilustrasi
Ilustrasi

BANYUWANGITIMES – Setelah selama dua pekan ditutup, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen akan dibuka kembali. Wisatawan sudah bisa menikmati keindahan Kawah Ijen mulai Jum’at (6/4/18) esok. Pembukaan ini menyusul Surat Edaran dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur tentang pembukaan TWA Kawah Ijen.

Menurut Kepala Resort TWA Kawah Ijen, Sigit Hari Wibowo, TWA Kawah Ijen dibuka kembali untuk kunjungan wisata dengan beberapa ketentuan. Untuk kunjungan wisata dibatasi mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. “Pendakian sifatnya terbatas, pengunjung hanya boleh sampai di bibir kawah saja,” jelasnya dihubungi melalui telepon Kamis (5/4/18) siang.

Dia menegaskan, untuk keamanan dan keselamatan, wisatawan tidak boleh turun mendekati kawah. Pengunjung hanya boleh mendekat sampai radius 1 km dari kawah. Ketentuan ini sesuai dengan rekomendasi yang didapatkan dari Pusat Vulkanologi dan Mitogasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait kondisi terakhir Kawah Ijen. Sebab masih dimungkinkan adanya potensi gas beracun di sekitar kawah.

Ketentuan yang sama juga berlaku bagi para penambang belerang. Aktivitas penambangan juga harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan yakni pukul 04.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. “Para penambang belerang sudah lebih dulu melakukan aktivitas, mereka bisa melakukan aktivitas di dasar kawah,” jelasnya.

Dia menyatakan, tidak ada batasan jumlah wisatawan yang boleh berkunjung ke TWA Kawah Ijen. Untuk itu pihaknya tetap menempatkan petugas di puncak Gunung Ijen tepatnya di pintu masuk menuju dasar kawah. Hal ini untuk mencegah adanya pengunjung yang turun ke Kawah Ijen. “Pengunjung tetap harus mengikuti aturan dari PVMBG radius 1 km aman,” tegasnya.

Untuk diketahui TWA Kawah Ijen ditutup sejak Kamis (22/3) lalu. Penutupan itu menyusul munculnya bualan dan letupan di kawah. Letupan tersebut mengakibatkan munculnya gas beracun. Sejumlah warga Bondowoso sempat terkena dampak munculnya gas beracun tersebut.

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top