Kawal Pasangan Khofifah-Emil, Ribuan Pendukung Berebut Masuk Kantor KPU Jatim

Suasana depan kantor KPU Jatim yang dipenuhi oleh pendukung Khofifah - Emil (Foto : M Bahrul Marzuki/SurabayaTIMES)
Suasana depan kantor KPU Jatim yang dipenuhi oleh pendukung Khofifah - Emil (Foto : M Bahrul Marzuki/SurabayaTIMES)

BANYUWANGITIMES, SURABAYA – Pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak resmi mendaftar ke kantor KPU Jatim sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Rabu (10/1/2018). Keduanya datang ke kantor KPU Jatim di Jalan Tenggilis, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya sekitar pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, pasangan ini lebih dahulu berkumpul di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Surabaya. Di ponpes yang dipimpin oleh KH Asep Saifuddin tersebut keduanya mengadakan do’a bersama terlebih dahulu.

Dalam sambutannya KH Asep Saifuddin menyampaikan perihal pentingnya memilih Khofifah-Emil. "Insya Allah, yang kita pilih adalah yang terbaik. Barang siapa yang memilih pemimpin, kalau ia tahu lebih baik, maka wajib untuk memilih," ujarnya.

Sementara itu Khofifah dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang mengusungnya. Termasuk kepada partai politik pengusungnya.

"Kami mendapat rekomendasi pertama didampingi para kiai dan ibu nyai. Waktu itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum Demokrat, Pak SBY (Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono)," ujarnya.

Tak hanya oleh Demokrat, rekomendasi juga diberikan oleh Partai Golkar, Nasdem, Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Bahkan yang terbaru, ia juga mendapat rekomendasi dari PAN dan PKPI. "Alhamdulillah, tadi malam saya juga mendapatkan rekomendasi dari PAN di DPP, " tuturnya.

Setelah sekitar satu jam melakukan do’a bersama pasangan Khofifah dan Emil pun diberangkatkan. Sepanjang jalan dari tempat kediaman KH Asep hingga kendaraan bus yang mengangkut rombongan lantunan salawat dinyanyikan ratusan santri di sana.

Setelah itu rombongan pun diberangkatkan ke kantor KPU Jatim. Rupanya di sana pasangan Khofifah dan Emil sudah ditunggu ribuan pendukungnya. Sepanjang Jalan Kendangsari penuh oleh pendukung sehingga jalan pun terpaksa ditutup oleh pihak kepolisian.

Sepanjang jalan tersebut penuh dengan warna warni pendukung partai pengusung Khofifah-Emil. Yaitu, hijau dari PPP, kuning dari Golkar serta Hanura, biru dari Demokrat, Nasdem dan PAN serta tidak ketinggalan juga PKPI.

Meski dari beragam partai para pendukung Khofifah – Emil kompak menyanyikan lagu Yalal Wathon. Sebuah lagu yang sangat populer belakangan ini sebagai lagu yang wajib dinyanyikan dalam acara resmi NU.

Para simpatisan bahkan sampai berebut untuk mengantar Khofifah untuk masuk ke dalam kantor KPU. Namun keinginan tersebut tidak bias terlaksana. Lantaran luas ruangan kantor yang terbatas.

Selain itu, untuk masuk seseorang harus mengenakan identitas khusus. Karuan saja banyak pendukung yang tidak diperbolehkan masuk. Sesampainya di depan pagar pintu KPU mereka harus memutar balik.

Suasana itu membuat satu pendukung dengan pendukung lainnya saling berdesak-desakan. Bahkan, ada pendukung yang hampir terhimpit pagar kawat pihak kepolisian. Beruntung dalam aksi saling dorong dan rebut tersebut tidak sampai ada korban luka.

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Surabaya TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top