Siapa Sangka Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Malang Paling Besar Dipengaruhi Sektor yang Satu Ini

Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna ketika membuka Gebyar UKM Bazar dan Expo UKM se-Malang Raya yang bertajuk
Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna ketika membuka Gebyar UKM Bazar dan Expo UKM se-Malang Raya yang bertajuk 'Jadi UMKM di Pasar Kawasan Perdesaan Bululawang Kabupaten Malang. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Pertumbuhan perekonomian masyarakat Kabupaten Malang belakangan ini ternyata dipengaruhi oleh sektor penting yakni Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Buktinya, dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar Rp 85 triliun, hampir setengahnya yakni Rp 42 triliun disumbang dari sektor UMKM.

Demikian ditegaskan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna. Menurutnya, sektor pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terbukti memberikan dampak yang luar biasa bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Malang.

"Sektor UMKM di Kabupaten Malang sangat berpengaruh bagi kesejahteraan perekonomian masyarakat, dari PDRB Rp 85 triliun, separonya yakni Rp 42 triliun disumbang dari UMKM," kata Rendra Kresna saat membuka Gebyar UKM Bazar dan Expo UKM se-Malang Raya," Sabtu (6/1/2018).

Jumlah UMKM yang tumbuh dan berkembang saat ini, bila dikalkulasi sekitar 11 kalinya APBD Kabupaten Malang. 

"Jadi keberadaan UMKM sangat besar pengaruhnya bagi roda kehidupan perekonomian masyarakat terutama di tingkat desa. Makanya kami terus memacu, mendorong dan memfasilitasi penggiat UMKM agar terus menghasilkan produk-produk yang berkualitas," harap Rendra.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang tidak memandang sebelah mata keberadaan UMKM yang terus dikembangkan masyarakat. 

"Sekarang ini ada sekitar 420 ribu usaha yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang yang mampu menyerap puluhan ribu tenaga kerja. Dampaknya perputaran perekonomian masyarakat otomatis meningkat juga," jelas suami Jajuk Rendra Kresna itu.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang akan terus mendorong pertumbuhan sektor UMKM ini melalui sosialisasi, pelatihan dan memberikan beragam bantuan sarana dan prasarana untuk pengembangan usaha.

"Kami selalu mendoakan seluruh pelaku UMKM menjadi pebisnis yang sukses, maju dan besar. Terpenting mereka mampu menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya adalah menciptakan lapangan pekerjaan," ujarnya.

Pewarta : imam syafii
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top