Ini Dia 3 Tempat Wisata Untuk Melihat Keindahan Matahari di Yogyakarta

Sumber : Google Images
Sumber : Google Images

BANYUWANGITIMES – Berada di tempat wisata yang berada di ketinggian memang mengasikkan. Jika berada di Yogyakarta maka beberapa tempat yang direkomendasikan adalah gunung Merapi dan Bukit Bintang. Namun tempat wisata di Yogyakarta yang hanya menghadirkan panorama indah dari ketinggian bukan hanya dua tempat itu saja. Terdapat beberapa tempat seru lainnya yang berada di ketinggian dan mampu menghadirkan panorama yang tak kalah menarik dibanding gunung Merapi atau Bukit Bintang.

Penasaran? Yuk, coba kunjungi tempat-tempat wisata di Yogyakarta yang menawarkan keindahan panorama yang tidak tergantikan berikut ini:

sumber:@dennygenta 

1. Gunung Gambar, di kampung Ngawen, Gunung Kidul

Selain Bukit Bintang yang terletak di Gunung Kidul, terdapat satu tempat wisata lainnya yang mampu menampilkan panorama indah dari ketinggian yaitu Gunung Gambar. Sejatinya, Gunung Gambar merupakan sebuah tempat yang berada di zona karst Baturagung. Gunung Gambar terbentuk karena material-material vulkanik tua yang menampilkan bentuk berupa bukit dengan puncak bongkahan batuan karst berukuran besar.

Salah satu tradisi yang melekat dari Gunung Gambar ini adalah tradisi persembahan suci (srada) setahun sekali kepada Ki Ageng Gading Mas yang merupakan salah satu tokoh Majapahit dahulu kala. Hingga kini, beberapa masyarakat sekitar masih melakukan tradisi ini dan dikenal dengan nama Sadranan. Nah, bagi wisatawan, Gunung Gambar tentu saja merupakan salah satu tempat wisata yang paling nanti. Jika wisatawan datang menjelang subuh dapat melihat pesona matahari terbit dari timur.

Sementara itu bagi penggemar senja juga dapat melihat langsung matahari menghilang di ufuk Barat. Sebagai bonus, wisatawan dapat mendengar suara kicauan burung-burung dan suasana alam yang masih alami di Gunung Gambar sembari menikmati panorama Yogyakarta dari ketinggian.

sumber:@allicathrasningayu

2. Gunung Ireng, Gunung Kidul

Masih dari daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, terdapat satu lagi Gunung yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata untuk melihat keindahan panorama kota Yogyakarta dari ketinggian.

Namanya adalah Gunung Ireng. Meskipun diberi nama Gunung, namun tempat ini tampak terlihat seperti bukit. Berdasarkan cerita turun-temurun, bukit ini terbentuk karena tendangan seorang pendekar yang merasa tidak nyaman karena diganggu sekumpulan monyet liar dari puncak Gunung Merapi. Gunung Ireng sendiri lebih terasa nyaman dikunjungi saat akan menyaksikan matahari terbit. Sembari menunggu munculnya kemilau matahari dari sebelah Timur, setiap wisatawan dapat bersantai melalui sebuah Gazebo.

Bahkan tidak jarang pula beberapa wisatawan akan mendirikan tenda di kawasan puncak di malam sebelumnya agar dapat menikmati langsung pemandangan suasana matahari terbit.

sumber:bobocantik.com

3. Puncak Becici, Bantul

Tempat wisata di Yogyakarta berikutnya yang menyajikan keindahan panorama dari ketinggian adalah Puncak Becici. Uniknya, tempat ini berada di antara deretan hutan pinus yang menjulang tinggi. Jika datang sebelum pagi, wisatawan akan melihat langsung pantulan cahaya matahari menyelinap diantara pohon-pohon pinus tersebut.

Jika datang menjelang matahari terbenam, kita akan menemukan warna-warna jingga menyatu dengan hijuanya daun pohon pinus sehingga menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot foto yang instagramable bagi wisatawan.

Masyarakat sekitar dan pengelola Puncak Becici juga memberikan beberap fasilitas umum seperti kursi-kursi yang dibuat dari batang pinus, ayunan, gazebo hingga sebuah gardu pandang yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai di puncak.

Tidak jauh dari Puncak Becici, terdapat sebuah hamparan rumput yang cukup luas dan datar. Tempat ini biasanya sering digunakan untuk arena bermain hingga Camping Ground bagi para wisatawan yang ingin merasakan sensasi menginap di sekitar Puncak Becici.

Tertarik mencobanya?

Pewarta : Sahrul Hidayah
Editor : Redaksi
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Banyuwangi TIMES
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top