Bupati Malang Rendra Kresna: Yuk Biasakan Jalan Kaki untuk Gapai Germas

Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dikerubungi para siswa yang telah melakukan jalan sehat untuk bersalaman. Rendra menjadikan jalan sehat menjadi alat yang merakyat dalam menggapai Germas. (Nana)
Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dikerubungi para siswa yang telah melakukan jalan sehat untuk bersalaman. Rendra menjadikan jalan sehat menjadi alat yang merakyat dalam menggapai Germas. (Nana)

BANYUWANGITIMES, MALANGGerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna terus diintensifkan oleh seluruh jajarannya. Kegiatannya tidak perlu yang membuat masyarakat berat melaksanakannya.

Jalan kaki sebagai bagian dari Germas merupakan bentuk sederhana yang bisa dilakukan siapa pun. Tanpa biaya besar tapi menyehatkan dan bisa dilakukan di mana pun. "Terpenting dengan jalan kaki juga bisa membuat hati gembira. Jadi, Germas itu tidak perlu yang aneh-aneh," kata Rendra. Senin (18/09).

Menurut dia, dengan berolahraga jalan kaki yang kini kerap digelar dalam setiap kegiatan, selain bisa menciptakan masyarakat yang sehat, eksesnya akan membuat produktivitas meningkat. Hal ini sangat membantu berbagai program pemerintahan kabupaten Malang dalam mewujudkan visi misi Madep Manteb Manetep. "Dengan tubuh yang sehat, maka akan dihasilkan jiwa yang kuat. Ini modal besar dalam mensukseskan pembangunan yang ada," tandas Rendra.

Jalan kaki banyak memiliki manfaat bagus bagi kesehatan jantung serta mengatur tingkat kolesterol. Jalan kaki selama 30 menit saja, misalnya, bisa menurunkan kemungkinan seseorang mengalami masalah jantung sekitar 40 persen. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung. "Banyak kelebihan jalan kaki. Karena itu, kita terus galakkan kepada masyarakat. Alhamdulillah antusiasnya juga tinggi," kata Rendra.

Antusiasme masyarakat terhadap program Germas terlihat, misalnya, dalam acara jalan sehat di Kecamatan Turen. Ribuan masyarakat memadati jalanan dan bergembira bersama. Berbagai pernyataan dari masyarakat atas program Germas pun bersifat positif dan mendukung penuh kebijakan Rendra dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

Markus Ali, salah satu panitia panitia penyelenggara acara, menyatakan sangat mendukung setiap program Germas yang kini jadi menu utama dalam setiap kegiatan pemerintahan. Baginya, dengan Germas, akan tercipta masyarakat yang sehat, cerdas dan tangkas. "Kami tentunya bangga dengan gerakan olahraga seperti ini. Masyarakat pun dengan gembira menyambutnya," ucap dia kepada MalangTIMES.

Jalan kaki sebagai olahraga kini menjadi bagian dari kesadaran masyarakat di Kabupaten Malang untuk menciptakan tubuh yang sehat. Karena tanpa tubuh yang sehat, pembangunan sebaik apa pun tidak akan menghasilkan manfaat yang dirasakan. "Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Maka, yuk kita terus galakkan jalan kaki untuk mewujudkan Germas," kata Rendra. (*)

Pewarta : Nana
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Karmila Arfiana
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top