Bupati Malang Rendra Kresna Borong Tiga Piala Nasional Lingkungan Hidup

Kepedulian Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dalam lingkungan hidup kembali diapresiasi pemerintah pusat tahun ini dengan tiga piala, yaitu Adipura, Nirwasita Tantra, dan Desa Proiklim Rejosari, Kecamatan Bantur. (Dok. Nana)
Kepedulian Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dalam lingkungan hidup kembali diapresiasi pemerintah pusat tahun ini dengan tiga piala, yaitu Adipura, Nirwasita Tantra, dan Desa Proiklim Rejosari, Kecamatan Bantur. (Dok. Nana)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Pembuktian nyata kiprah Bupati Malang Dr H Rendra Kresna sebagai kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam lingkungan hidup kembali terjawab dengan diraihnya tiga penghargaan bergengsi tingkat nasional tahun 2017 ini.

Kerja keras seluruh jajaran, khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang, dan masyarakat di bawah kendali Rendra Kresna diganjar apresiasi tertinggi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Adipura, Nirwasita Tantra, dan Desa Proiklim Rejosari, Kecamatan Bantur.

Kepala DLH Kabupaten Malang Budi Iswoyo mengatakan, setelah melalui rangkaian panjang evaluasi, pemantauan tim kementerian, wawancara dan presentasi dari awal tahun sampai sekarang, akhirnya wilayah yang dipimpin Rendra itu memborong tiga penghargaan tersebut. "Alhamdulillah Kabupaten Malang mendapat tiga penghargaan sekaligus tahun ini yang akan diterimakan tanggal 2-3 bulan depan," ungkap Budi, Jumat (28/07) kepada Malang TIMES.

Pemberian tiga piala bergengsi lingkungan hidup tersebut semakin mengukuhkan kepemimpinan Rendra yang secara konsisten menjaga lingkungan hidup di wilayahnya selama dua periode menjadi Bupati Malang. "Pak Bupati memang memiliki konsen tinggi untuk masalah lingkungan. Itu terlihat dari program kerja Pemkab Malang. Lingkungan hidup jadi salah satu dari tiga kebijakan pokok sampai 2021," ujar Budi.

(Baca juga: Serial Bupati Malang Rendra Kresna dan Lingkungan Hidup).

Jejak Rendra Kresna dalam lingkungan hidup, baik di bidang persampahan, udara, sungai, sampai kawasan permukiman yang diselaraskan dengan program lainnya seperti pariwisata, telah mampu membuat dua ruang berbeda berjalan beriringan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Surat KLHK telah kami terima yang ditujukan kepada bupati. Tanggal 2 sampai 3 beliau (Rendra) akan menerima tiga piala. Yakni  Adipura, Nirwasita Tantra, dan Piala Pro-Iklim Desa dari dua desa tahun lalu jadi tiga," kata Budi yang menerangkan juga penerimaan ketiganya akan dilaksanakan di Gedung Manggala Wana Bhakti KLHK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017.

Tiga piala yang akan diterima Rendra adalah wujud sinergitas pemerintah yang terus berupaya menguatkan kesadaran menjaga lingkungan hidup bersama masyarakat sebagai subjek utama dalam meminimalisasi berbagai kerusakan alam yang tidak bisa dicegah secara utuh karena berbagai faktor. "Kesuksesan kami dalam lingkungan hidup di tahun ini adalah berkat kerja nyata kita semua. Mari terus kita tingkatkan kesadaran atas pentingnya lingkungan hidup," ungkap Rendra. (*)

Pewarta : Dede Nana
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top