Berikan Efek Jera, Operasi Gabungan Dishub Dan Lantas Polres Banyuwangi, Di Terminal Tanjungwangi

Suasana operasi gabungan di terminal Tanjungwangi Banyuwangi
Suasana operasi gabungan di terminal Tanjungwangi Banyuwangi

BANYUWANGITIMES –  Upaya menurunkan angka kecelakaan lalulintas jelang libur panjang lebaran, Dishub, Satlantas Polres Banyuwangi, TNI/CPM, menggelar operasi gabungan besar-besaran di Terminal Tanjungwangi Banyuwangi. Operasi gabungan ini juga di hadiri Dirjen Perhubungan Darat dan Pusat serta di lanjutkan buka bersama Mentri Perhubungan, Sabtu (17/617). 

Kasatlantas AKP. Ris Andrian Yudho Nugroho mengatakan sudah mekakukan uji kesehatan dan hasilnya dinyatakan baik. 

"Namun kita minta kepada para awak bus tidak ugal-ugalan selama berkendara demi keselamatan pengguna jalan yang lain. Karena itu bisa menjadi pemicu terjadinya laka lantas. Juga kita ingatkan kepada para sopir agar tidak menggunakan narkoba karena bisa berakibat fatal nantinya," ujar dia. 

Di jelaskan oleh Kasatlantas, selain memeriksa kesehatan sopir, petugas juga menguji kelaikan moda transportasi darat. Uji petik meliputi kepakeman rem, persneleng, kondisi kembang ban, hingga surat-surat kendaraan.

"Rata-rata kendaraan yang diperiksa telah menjalani perawatan berkala dan juga melarang truk beroperasi dari H-4 apabila masih ada sopir yang melanggar akan di poskan dan bisa diambil setelah lebaran," tabdasnya di hadapan para sopir truk.

Sementara, Kasi Dalops UPT LLAJ Banyuwangi, I Made Pasek Suparta, SH ikut menyatakan, pihaknya juga menggandeng UPT. LLAJ Banyuwangi (Dishub Provinsi Jatim), Dishub Kab. Banyuwangi, Polantas Polres Banyuwangi, Polsek setempat, Reskrim Polres, CPM Banyuwangi korlap, Kasi Pengendalian Opserasi UPT LLAJ Banyuwangi.

"Jadi operasi ini merupakan program Operasi Sadar Keselamatan Lalu-lintas dan ketertiban LLAJ, dengan tujuan menekan angka pelanggaran perizinan angkutan umum," ungkapnya. 

menurut Made, terpenuhinya persyaratan teknis dan layak jalan kendaraan bermotor akan mengurangi tingkat kejadian kecelakaan. Terlebih mendekati libur panjang lebaran, operasi ini diharapkan bisa memberikan efek jera kepada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran.

Pewarta : Hakim Said
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyuwangi TIMES
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top