Optimis Raih Adipura 2017, Presentasi Bupati Malang Rendra Kresna Pukau Tim Juri

Bupati Malang Dr Rendra Kresna (berpeci hitam) saat mempresentasikan berbagai program Kabupaten Malang dalam pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism dan investmen yang berbasis lingkungan hidup pada tim juri Adipura 2017 di Jakarta, Sabtu (10/6/2017)
Bupati Malang Dr Rendra Kresna (berpeci hitam) saat mempresentasikan berbagai program Kabupaten Malang dalam pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism dan investmen yang berbasis lingkungan hidup pada tim juri Adipura 2017 di Jakarta, Sabtu (10/6/2017)

BANYUWANGITIMES, MALANG – Kabupaten Malang merupakan daerah langganan Adipura. Catatan keberhasilan daerah yang dipimpin oleh Dr H Rendra Kresna dalam penganugerahan bagi kota yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mencapai ke sembilan kalinya secara berturut-turut sampai tahun 2016.

Kini, di tahun 2017,  Kabupaten Malang kembali masuk sebagai nominasi peraih adipura setelah Tim Juri dari unsur KLHK maupun dari kalangan akademisi, praktisi dan pakar lingkungan hidup, melakukan penilaian secara marathon di beberapa titik di Kabupaten Malang sejak awal tahun 2017.

Hasil dari penilaian tersebut adalah Kabupaten Malang masuk sebagai nominasi sehingga Bupati Malang beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diundang ke Jakarta, Sabtu (10/6/2017) untuk mempresentasikan pengelolaan lingkungan hidup dan kebersihan.

Presentasi yang langsung di sampaikan oleh Bupati Malang dihadapan tim juri Adipura ini berlangsung sejak siang menjelang sore.

Beberapa point presentasi yang disampaikan adalah mengenai visi, misi Kabupaten Malang dalam kaitannya dengan lingkungan hidup, indeks kualitas dan pengelolaan lingkungan hidup, serta target dan realisasi berbagai program di Dinas Lingkungan Hidup.

Dalam presentasinya tersebut, Rendra Kresna sangat piawai menjelaskan berbagai point dari keberhasilan dan titik kritis pengelolaan lingkungan hidup d wilayah yang dipimpinnya. Respon dari Tim Juri Adipura yang berjumlah empat orang pun sangat apresiatif atas presentasi dari Rendra.

“Tim juri Adipura sangat respek atas apa yang telah dan akan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malang dalam pengelolaan lingkungan hidup. Terutama mengenai perubahan perilaku masyarakat dalam menyikapi permasalahan sampah di lingkungannya,”kata Rendra Kresna, Sabtu (10/6/2017).

Respon positif dan ketertarikan para juri Adipura terlihat dengan melihat capaian-capaian Pemerintah Kabupaten Malang d bawah komando Rendra Kresna. Selain sebagai kabupaten langganan adipura, tumbuhnya kesadaran dan perilaku masyarakat setiap tahunnya mengalami peningkatan yang membanggakan.

Budi Ismoyo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang mengatakan, respon positif para juri Adipura karena selain mereka mengetahui secara langsung di lapangan saat penilaian langsung, misalnya di tempat-tempat pengelolaan sampah, juga kepemimpinan Rendra mencerminkan kepeduliannya secara penuh terhadap persoalan lingkungan yang memang telah menjadi isu nasional dan dunia.

“Pak Bupati telah memberi contoh tentang hal ini secara langsung. Hasilnya perilaku masyarakat berubah sangat menggembirakan dalam masalah lingkungan hidup seperti sampah,”kata Budi kepada MalangTIMES, media online berjejaring terbesar di Indonesia.

Budi mencontohkan bahwa sampai saat ini geliat budaya masyarakat untuk mendirikan bank sampah di sekitarnya semakin marak di berbagai wilayah. Total dari 378 desa yang ada, 280 desa sudah memiliki bank sampah yang aktif dalam melakukan pengelolaan sampah secara mandiri. Sedang untuk Tempat Penampungan Sampah 3 R (TPS 3R) keberadaannya melampaui target yang ditetapkan. “dari target 33 TPS 3R kita sudah memiliki 39 TPS 3R yang kesemuanya berjalan secara maksimal,”ujar Budi.

Begitu pun dengan Tempat Penampungan Akhir (TPA), Kabupaten Malang telah menancapkan dirinya sebagai daerah percontohan dalam pengelolaan sampah terbaik skala nasional. Bahkan TPA Wisata Edukasi Talangagung, Kepanjen jadi ruang belajar dalam pengelolaan sampah menjadi gas methane sebagai sumber bahan bakar masyarakat, untuk pemerintahan daerah di seluruh Indonesia dan mancanegara.

“Semua keberhasilan tersebut serta berbagai program lainnya yang terus berjalan dan ditingkatkan di berbagai wilayah, membuat kami optimis bahwa Adipura 2017 akan kembali di raih oleh Kabupaten Malang,”pungkas Budi.

Pewarta : Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top