Satu Jiwa dalam Komando Dr H Rendra Kresna, Tim Juri Adipura Acungkan Jempol

Bupati Malang Dr Rendra Kresna didampingi oleh sejumlah Kepala Dinas saat mempresentasikan Kabupaten Malang layak diganjar Adipura 2017. Hampir seluruh kedinasan dan unsur setda serta DPRD hadir menampilkan kekompakan dalam satu komando.
Bupati Malang Dr Rendra Kresna didampingi oleh sejumlah Kepala Dinas saat mempresentasikan Kabupaten Malang layak diganjar Adipura 2017. Hampir seluruh kedinasan dan unsur setda serta DPRD hadir menampilkan kekompakan dalam satu komando.

BANYUWANGITIMES, MALANGMALANGTIMES – Kedatangan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna beserta jajarannya ke Jakarta dalam rangka undangan presentasi penerima Adipura 2017, membuat Tim Juri Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan juri dari luar kementerian salut.

Pasalnya, rombongan dari Pemerintah Kabupaten Malang ini bisa dibilang lengkap dan komplit secara struktur pemerintahan yang bertalian dengan permasalahan lingkungan hidup dibanding dengan daerah lainnya.

Bupati Malang hadir didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, Sumber Daya Air, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, Lingkungan Hidup, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kesehatan, Perindustrian dan Perdagangan, Pariwisata dan Kebudayaan, Inspektorat, BPBD, Camat Kepanjen, serta unsur DPRD dan Setda Kabupaten Malang.

Satu jiwa dalam satu komando tersebut, ternyata menjadi bagian dalam penilaian tim juri yang terdiri dari Guru Besar Institus Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Ir enri Damanhuri, Syahrul Udjud (mantan walikota Padang), Hermawan Kertajaya (Pakar Marketing), Hanni Adiati (Staf ahli Menteri LHK) dan Guntur Sitorus ( tim penasehat persampahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

“Tentunya menjadi bagian dari penilaian adipura karena konsepnya tahun ini adalah pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism dan investmen yang berbasis lingkungan hidup. Ini adalah ranah dan tanggungjawab setiap lini di Pemerintahan Daerah, bukan sekedar dinas Lingkungan Hidup saja, misalnya,”kata Hermawan Kertajasa, Sabtu (10/6/2017) yang bersama tm juri lain angkat topi dan mengacungkan jempol atas soliditas yang ditampilkan pemerintah di bawah kepemimpinan Rendra Kresna ini.

Kebersamaan dalam satu jiwa yang melandasi setiap program pembangunan di berbagai lini Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) menjadi keniscayaan untuk mencapai visi dan misi Kabupaten Malang, Madep Manteb Manetep ini.

Tiga program besarnya yaitu pengurangan kemiskinan, optimalisasi pariwisata dan lingkungan hidup, tidak bisa berjalan maksimal bila tidak adanyanya kesinambungan program dan kebijakan disetiap lini OPD.

“Komitmen kita sinergitas program dan penganggaran untuk mencapai tiga program pak Bupati. Untuk Adipura ini pun, kita tidak bisa berjalan sendiri. Berbagai kedinasan lainnya menjadi bagian tak terpisahkan, misal Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,”kata Budi Ismoyo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang kepada Malang TIMES.

Tak kalah penting adalah komando dari Bupati Malang dalam mensinergikan program-program di OPD dalam mempercepat keberhasilan tiga program tersebut. “Tentunya komando kita adalah pak Bupati. Ini juga bentuk dari kepemimpinan beliau sehingga mendapat apresiasi luar biasa dari tim juri Adipura,”imbuh Budi. 

Catatan dari tim juri terhadap Pemerintah Kabupaten Malang dalam konsep Adipura 2017 adalah mengenai pengelolaan sampah di wilayah pantai serta sosialisasi intensif terhadap masyarakat.

Catatan kecil ini pun, dalam presentasi Bupati Malang telah dilaksanakan secara kontinyu. Misalnya pengelolaan sampah di wisata pantai yang telah melibatkan berbagai unsur komunitas dalam masyarakat.

"Sudah kita laksanakan, buktinya di wisata pantai tiga warna yang masuk nominator tempat wisata terbersih populer dari API (Anugerah Pesona Indonesia, red),"ujar Rendra.

Sedangkan mengenai sosialisasi kesadaran lingkungan hidup kepada masyarakat, Rendra menyampaikan telah menjadi program rutin di berbagai kedinasan yang ada. "Tapi catatan tim juri ini tentunya menjadi motivasi kita untuk lebih mengoptimalkan berbagai program, pelibatan masyarakat serta dukungan komunitas yang ada,"pungkasnya.

Pewarta : Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top