Indahnya “Blue Fire” di Gunung Ijen

Blue fire atau api biru di dasar kawah Ijen bisa dilihat saat malam hari atau dini hari sebelum matahari terbit.
Blue fire atau api biru di dasar kawah Ijen bisa dilihat saat malam hari atau dini hari sebelum matahari terbit.

BANYUWANGITIMES Ijen merupakan gunung api aktif yang memiliki danau kawah di puncak. Panjang dan lebar danau masing-masing 800 m dan 700 m serta kedalaman danau mencapai 180 m.

Secara geografis, Ijen berada pada posisi 8º 03’ 30” LS dan 114º 14’ 30” BT dengan tinggi puncak 2.386 meter dari permukaan laut. Secara administratif terletak di Bondowoso, Banyuwangi, serta Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Erupsi Ijen yang tercatat dalam sejarah adalah berupa letusan-letusan freatik yang bersumber dari danau kawah. Erupsi freatik terakhir terjadi pada tahun 1993, menghasilkan tinggi kolom asap berwarna hitam yang mencapai ketinggian 1.000 m.

Potensi bahaya erupsi Ijen di kawasan rawan bencana III adalah di sekitar danau kawah terlanda ancaman aliran gas racun, aliran awan panas, lumpur panas, aliran lava, hujan abu lebat dan lahar letusan. Potensi bahaya erupsi Ijen di kawasan rawan bencana II adalah potensi terlanda aliran awan panas, lahar letusan, lahar hujan, hujan abu lebat, kemungkinan longsoran puing vulkanik dan lontaran batu pijar. Potensi bahaya erupsi Ijen di kawasan rawan bencana I adalah potensi terlanda aliran lahar hujan, kemungkinan perluasan awan panas atau lahar letusan, hujan abu lebat, kemungkinan dapat terkena lontaran batu pijar.

Ijen merupakan salah satu gunung api aktif yang memiliki danau kawah dan penghasil sublimasi belerang yang cukup besar. Di samping itu ada pemandangan yang luar biasa, yaitu komplek blue fire (api biru) yang bisa dinikmati pada malam hari. Tentang gambaran terjadinya blue fire, kawah Ijen mempunyai kompleks lubang fumarola yang cukup besar dengan terperatur 600 derajat celcius.

fumarola terjadi karena ada uap dan gas sedang solfatara terjadi  kandungan gas SO2 dan H2S dengan volume cukup banyak lalu keluar ke permukaan bumi  bercampur dengan udara dengan tekanan cukup kuat. Maka terjadi sublimasi belerang. Solfatara bisa  juga disebut lubang keluarnya belerang dan ini adanya hanya di gunung api.

Blue fire  yang berada di kawah Ijen  terjadi karena lubang solfatara dengan temperature  cukup  panas (sekitar 600 derajat celcius) membakar belerang yang berada di dekat lubang solfatara. Sedangkan batu  belerang  (diambil penambang) terjadi  dengan temperature  160 – 200 derajat. Makanya untuk mendapatkan batu belerang, diatur dengan  pipa (mengatur suhu).

Di dasar kawah pun sebenarnya juga menghasilkan belerang cukup besar. Hal itu bisa diketahui dengan menggunakan alat (eco sonding). Adanya lubang solfatara yang cukup besar di dasar kawah bisa memuncratkan tekanan  tinggi  hingga lebih kurang 140 meter  dan lebar 40 meter. Di samping hal tersebut Ijen mempunyai  panorama yang indah. Makanya tidak heran  kalau  Ijen menjadi salah satu tujuan wisata  bagi wisatawan mancanegara dan domestik. "Sangat cantik tetapi juga membahayakan".

Untuk pemantauan, selama ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi secara intensif melakukan evaluasi kegiatan Ijen dan dikoordinasikan dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat melalui kepala pos Gunung Api/Ijen yang dipimpin Bambang Heri Purwanto yang juga disebut Mbah Rono. (*)

Pewarta : Hakim Said
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Banyuwangi TIMES
  • Peletakan Batu Pertama Tandai Pembangunan Mapolsek Ajung

    Sebanyak 96 ribu warga Kecamatan Ajung, Jember, tidak lama lagi memiliki mapolsek sendiri. Pembangunan mapolsek itu ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH SIK bersama Bupati Jember dr H Faida pada Seni

  • Blusukan ke Pasar Banyuwangi, Emil Dardak Dielu-elukan Pedagang

    Bupati Trenggalek Emil Dardak benar-benar terkesan dan memberikan apresiasi positif dalam kunjungannya di Banyuwangi, Minggu (17/12/17). Bahkan calon wakil gubernur Jawa Timur yang akan berpsangan dengan Khofifah Indar Parawansa tersebut mengaku merasa s

  • Wayang Ajen Harjaba Ke-246 Dikemas Modern, Bikin Penonton Muda Tertawa

    Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia memberikan kado istimewa di Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) Ke-246 dengan mempersembahkan pertunjukan wayang ajen untuk masyarakat di ujung timur Pulau Jawa tersebut. Hal ini sebagai apres

  • Eddy Rumpoko Kirim Surat untuk Warga Batu, Begini Isinya

    Tiga bulan berada di ruang tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) di rumah dinasnya, Wali Kota Batu (non-aktif) Eddy Rumpoko akhirnya menyampaikan pesan melalui dua lembar kertas kepada warga Kota B

  • Ini Barang Bukti yang Diamankan Polisi di Lokasi Ledakan

    Setelah menerima laporan dari korban AW, yang menerima paket berisi bom, petugas kepolisian Polres Pelabuhan Tanjung Perak langsung bergerak. Dengan mendatangi lokasi untuk melakukan olah TKP.

  • Terima Paket Misterius, Pria Ini Kaget Saat Dibuka Meledak

    Jelang datangnya Natal dan Tahun Baru ketenangan warga Kota Surabaya terusik. Yaitu dengan permasalahan terorisme dan sebuah bom yang meledak minggu ini.

  • Unisba Blitar Terima Kunjungan Asosiasi Pesantren Indonesia Kreatif

    Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menerima tamu kunjungan dari Asosiasi Pesantren Indonesia Kreatif (APIK),Rabu (13/12/2017). Mereka berkunjung ke Unisba Blitar untuk bersilaturahmi dan berdiskusi rencana kerjasama diantara kedua belah pihak.

  • Kapolres Banyuwangi Sambangi Ponpes Mambaul Ulum Muncar

    Mengawali dinasnya sebagai orang nomor satu di jajaran korps baju cokelat di Telatah Blambangan, Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman SH SIK MSi mulai menyambangi beberapa tempat yang berada di wilayah hukumnya. Salah satunya adalah Ponpes Mambaul

  • Sertijab Kapolsek Jajaran, Kapolres Banyuwangi Instruksikan Ini kepada Jajarannya

    Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman mengatakan, pergeseran maupun rotasi merupakan hal yang rutin, dan ini bagian dari dinamika kepolisian untuk meningkatkan kinerja sekaligus profesionalisme agar lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

  • Ini Dia 3 Tempat Wisata Untuk Melihat Keindahan Matahari di Yogyakarta

    Berada di tempat wisata yang berada di ketinggian memang mengasikkan. Jika berada di Yogyakarta maka beberapa tempat yang direkomendasikan adalah gunung Merapi dan Bukit Bintang. Namun tempat wisata di Yogyakarta yang hanya menghadirkan panorama indah dar

  • Launching Sahabat Sejati Ruliyono, Ada Hadiah Umrah bagi Kader Golkar Banyuwangi

    Launching Sahabat Sejati Ruliyono SH dan Pranaya Yudha Mahardika pada Minggu (10/12/17) dihadiri ribuan massa berkaus dan berbaju kuning dari wilayah daerah pemilihan (dapil) V. Bertempat di halaman rumah kader Golkar di Jalan Raya Genteng-Jember, Dusun T

  • Bapak dan Anak Deg-deg Serr Jelang Khitan

    Pagi jelang acara puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW puluhan peserta Khitan Berkah BMH Perwakilan Jawa Timur bersama MalangTIMES berkumpul di halaman Musala Al Ikhlas Balearjosari, Minggu (10/12/2017). Meja daftar ulang peserta tak henti-hentinya

Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top