Google Translate Perluas Fitur di Versi Android

World Lens, salah satu fitur Google Translate (Foto: nbc)
World Lens, salah satu fitur Google Translate (Foto: nbc)

BANYUWANGITIMES, AS – Para pengguna ponsel pintar berbasis Android kini tak akan merasakan lagi kendala bahasa, terutama dengan makin maraknya fitur Google Translate.

Salah satu fitur yang amat berguna adalah terjemahan cepat (quick translate). Memulai debutnya tahun lalu hanya di Android versi 6.0 Marshmallow, fitur ini kini disederhanakan dan bisa dinikmati  pengguna perangkat yang menjalankan Android 4.2 Jelly Bean atau yang lebih baru. 

Cara penggunaannya pun relatif mudah. Tiap kali user memilih tulisan, baik dalam aplikasi ponsel maupun tablet, tombol terjemahan akan langsung muncul. Jika tombol berlogo Google Translate ditekan, akan muncul pop up yang menunjukkan terjemahan dari teks yang dipilih pada saat itu juga.

Tanpa perlu menyalin dan menempel (copy paste) terlebih dahulu, teks kemudian dikonversi ke dalam bahasa yang dimau. Hal ini tentu menghemat waktu untuk menerjemahkan teks dalam berbagai aplikasi secara lebih sederhana.

Google Translate juga menambahkan World Lens dalam bahasa China. Dengan fitur ini, pengguna tinggal mengarahkan kamera pada tulisan berbahasa China, dan akan langsung diterjemahkan. Fitur ini bekerja dari dan ke bahasa Inggris untuk bahasa China sederhana dan bahasa China tradisional. 

Bahasa China merupakan bahasa ke 29 yang mendukung terjemahan visual secara instan. Dan asyiknya, fitur ini bisa bekerja secara offline.

Selain Android, Google Translate juga memperbarui versi iOS dengan memberi dukungan untuk mode offline. Tak hanya itu, aplikasi ini sekarang dikemas dalam ukuran yang lebih kecil yaitu 25MB, namun dengan total dukungan 52 bahasa. (*)

Pewarta : Ronny Wicaksono
Editor :
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Indonesia
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top