Ingin Sehat, Matikan Lampu Saat Tidur

Ilustrasi (Foto: detoxyourbody)
Ilustrasi (Foto: detoxyourbody)

BANYUWANGITIMES, JAKARTA – Mata mengantuk dan lelah memicu tidur sembarangan. Raung dan waktu menjadi sesuatu yang luput dari perhatian. Namun tahukah Anda jika ternyata suasana tidur bisa mementukan ‘nasib’ seseorang. Benarkah?. 

Ternyata sebelum tidur kita harus mengatur suasana sedemikian rupa. Selain anjuran mematikan semua perangat elektronik rernyata tidur dalam suasana gelap juga sangat baik. Sebagaimana idlansir klikdoter.com, jika kita tidur dalam kondisi gelap melatonin akan bekerja maksimal. Hormon ini memiliki peranan penting dalam mengontrol siklus sirkadian (siklus bangun-tidur) hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal di otak.

Produksi melatonin distimulasi oleh gelap dan ditekan oleh cahaya terang. Secara normal, otak akan memproduksi melatonin setiap hari dan puncaknya terjadi pada malam hari pukul 9 – 10 malam, inilah yang membuat Anda mengantuk. Produksi melatonin terjadi secara regular untuk membuat siklus tidur Anda teratur.

Cahaya yang terang tidak hanya akan menekan produksi melatonin tapi juga akan membuat otak Anda terus bekerjasehingga membuat Anda lebih sulit tertidur. Sumber cahaya yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari lampu ruangan, tapi juga termasuk cahaya televisi, layar komputer, handphone, bahkan jam digital. Tidur dalam kondisi terang dapat menekan kadar melatonin dalam darah sampai lebih dari 50%. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor :
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Indonesia
-->
Redaksi: redaksi[at]banyuwangitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]banyuwangitimes.com | marketing[at]banyuwangitimes.com
Top